11 December 2014

Sembilan Pejabat Eselon III Dilantik Secara Sederhana

Sembilan pejabat eselon III di lingkungan Pemkab. Gianyar diambil sumpah dan dilantik  oleh Bupati Gianyar, Anak Agung Bhatara  secara sederhana di Ruang Rapat Bappeda Kabupaten Gianyar, (11/12). Pelantikan dihadiri oleh anggota Baperjakat, saksi dan pejabat yang dilantik.

Bupati Gianyar, Anak Agung Bharata mengatakan, mutasi merupakan hal biasa. Mutasi sebagai upaya kaderisasi, penyegaran dalam mewujudkan peningkatan layanan publik dan efektifitas organisasi. Pejabat yang baru dilantik diharapkan bisa memberikan penyegaran dan perkembangan yang lebih baik bagi organisasi.

Hasil survey Ombusman, tentang Kepatuhan Pelayanan Publik  yang menyatakan Kabupaten Gianyar masuk zona merah dalam pelayanan publik, hendaknya menjadi perhatian ekstra dan wajib bagi SKPD, untuk membenahi segala kekurangan yang ada.

Bupati juga mengisyaratkan, dalam waktu dekat, secara bertahap, pihaknya akan berupaya mencontoh salah satu program dari Kementerian Aparatur Negara dan Anggaran Belanja (Kemenpan-AB) RI, yaitu penandatanganan fakta integritas, yang menyediakan paket pekerjaan terhadap pejabat, untuk diselesaikan dalam jangka waktu tertentu. Apabila tidak berhasil mencapai target, maka kinerja pejabat bersangkutan akan dievaluasi.

Dalam mutasi, kata Agung Bharata, tentu akan ada penolakan dari pejabat maupun pihak lain yang merasa tidak berkompeten di bidang barunya. Namun, hal ini merupakan konsekuensi yang harus dijalankan demi terwujudnya pelayanan maksimal.”Saya ajak seluruh pejabat yang dilantik untuk mencintai pekerjaan yang diemban,”ujarnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Gianyar, I Made Suradnya membacakan Keputusan Bupati Gianyar No. 821.2/2485/BKD menerangkan, sembilan pejabat struktural yang diangkat, yaitu Ida Bagus Putu Sumaba Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan (Tapem) kini menjabat Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra), I Ketut Mudana (Kabag Kesra), kini menjadi Kabag Perwat, Ida Bagus Agung Purnama (Kabag Perwat), kini bertugas sebagai Kabag Humas, Protokol dan Pelayanan Masyarakat DPRD Gianyar, Ida Ayu Nyoman Tirtaningrat (Sekretaris Inspektorat) kini menjabat Kabag Tapem, I Wayan Sutha (Sekretaris Dishubinfokom) kini menjadi Sekretaris Inspektorat, Dewa Gede Suartika (Sekretaris DKP) kini bertugas sebagai Sekdishubinfokom, I Ketut Sedana (Kabag Humas DPRD) kini menjabat Sekretaris DKP, Made Rai Ridartha (Inspektur Pembantu Wilayah III Inspektorat) kini menjabat Sekretaris Disnakertrans, dan Ida Ayu Sri Utari (Sekretaris Disnakertrans) kini menjadi Inspektur Pembantu Wilayah III Inspektorat.

Sekda Ida Bagus Gaga Adisaputra dalam kesempatan tersebut menghimbau kepada seluruh pejabat untuk merubah paradigma pelantikan, dari yang dulunya terkesan luar biasa, kini menjadi biasa saja. Implementasinya tercermin dalam penggunaan pakaian KORPRI, dan pelaksanaan yang sederhana saat dilantik. Dia juga menegaskan, dalam penentuan mutasi, tidak ada unsur politisasi, dan murni urusan kinerja.”Keputusan murni berdasarkan kompeten dan kemampuan, tidak ada pertimbangan politisasi di dalamnya,”tegas Sekda.

Sekda Gus Gaga, menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi  hasil survei dari Ombusman, karena menjadi bahan bagi pimpinan untuk menilai kinerja bawahan. Dia juga telah memerintahkan instansi terkait, untuk melakukan jemput bola terhadap hasil survey dari Ombusman, terkait metodelogi dan teknis survey yang digunakan. Sehingga nantinya, bisa menentukan langkah-langkah untuk perbaikan birokrasi, khususnya pelayanan publik di Kabupaten Gianyar.

“Kendati hasil tersebut bukan suatu yang positif, namun, sangatlah berharga, sebagai cambuk bagi kita, untuk pembenahan pelayanan publik dan reformasi birokrasi, agar ke depannya menjadi lebih kuat lagi,” jelas Gus Gaga.

Maka dengan itu, Sekda membuka lebar – lebar kesempatan bagi seluruh pejabat PNS, untuk berpacu meningkatkan kinerja. Jika kinerja terlihat istimewa , dengan sendirinya, akan dipertimbangkan untuk mengisi jabatan yang strategis. (Humas Gianyar/Ari)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .