09 March 2015

Sekda Tantang SKPD Beri Data Faktual KK Miskin

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gianyar Ida Bagus Gaga Adi Saputra menantang seluruh stakeholders satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kabupaten Gianyar, untuk memberikan data KK miskin yang valid, sesuai fakta yang ada di masyarakat.

Hal tersebut dikatakannya, saat memberi sambutan dalam acara pembukaan Forum SKPD Kabupaten Gianyar tahun 2015, di ruang sidang utama kantor Bupati Gianyar, (9/3). Hadir dalam kesempatan tersebut, seluruh ketua komisi DPRD Gianyar, ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, dan seluruh jajaran SKPD Kabupaten Gianyar.

Sekda Gus Gaga mengatakan, selama ini validitas data merupakan kelemahan mendasar yang kerap menjadi penyebab tidak sinkronnya data dan fakta, terutama terkait KK miskin yang ada di Kabupaten Gianyar. Diakuinya, kerap terjadi, data yang disajikan berbeda dengan fakta di lapangan. Untuk itu, Sekda minta dalam waktu satu minggu ini, semua SKPD terkait wajib setor data yang faktual.”Kelemahan ini harus diperbaiki,”tegasnya.

Selain itu, Sekda juga menekankan, berhasil atau tidaknya pembangunan ditentukan  oleh proses perencanaan yang efektif. Dalam hal ini, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) sebagai ‘tank’ Pemkab, sangat berperan besar sebagai muara monitoring efektifitasnya pembangunan di Kabupaten Gianyar.

“Skala prioritas adalah hal utama. Tidak mungkin semua keinginan dapat dibiayai seluruhnya. Dalam penentuan, dibutuhkan kecermatan dan objektifitas, agar tidak terjadi kesenjangan. Itu tugas kita, melalui Forum SKPD ini, dapat menghasilkan sesuatu untuk memberi arti, yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,”tutur Sekda.

Memulai itu, terang Gus Gaga, butuh SKPD merubah pola pikir. Harmonisasi dan sinergi semua dokumen, pusat daerah, antar lembaga. Terpenting, komitmen menuju arah yang lebih baik harus terus ditingkatkan.” Jangan kegiatan tahunan ini hanya dijadikan formalitas, tanpa menghasilkan sesuatu yang berarti,”ujar dia.

Sementara, Made Wisnu Wijaya, Kepala Bappeda Gianyar dalam laporannya menyampaikan, forum SKPD bertujuan menyelaraskan program SKPD Kabupaten dengan kegiatan hasil Musrenbang Kecamatan. Sasarannya, diharapkan terjadi sinkronisasi program hasil Forum Musrembangcam dengan Rencana Kerja SKPD terkait. “Sehingga, upaya mencapai sasaran pembangunan daerah dapat lebih efektif,”ucapnya.

Wisnu menjelaskan, Forum SKPD tahun 2015 berlangsung selama dua hari. Didahului dengan pembukaan, dilanjutkan dengan pleno I dengan paparan kebijakan Pemerintah Kabupaten Gianyar tahun 2016. Kemudian, pembahasan program/kegiatan prioritas yang lebih detail dalam sidang kelompok, yang dibagi dalam empat pembahasan masing – masing, yaitu bidang Aparatur dan Pemerintahan Umum, bidang Ekonomi, bidang Insfrastuktur, dan bidang Kesejahteraan Sosial dan Kebudayaan. (Humas Gianyar/Ari)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .