23 July 2015

Sekda IB. Gaga Adi Saputra Optimalkan PPA-PKH

Kuatkan Gianyar sebagai Kabupaten bebas pekerja anak, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinaskertans) Kabupaten Gianyar optimalkan program Pengurangan Pekerja Anak dan Program Keluarga Harapan (PPA-PKH). Hal tersebut diungkapkan Kepala Disnakertrans Kabupaten Gianyar, Drs. Gede Widarma Suartha, MM, saat acara penyerahan bantuan pendidikan berkelanjutan kepada anak-anak peserta PPA-PKH dan BPJS Ketenaga Kerjaan bagi anak pemamfaat PPA-PKH, di Wantilan Objek Wisata Desa Pengelipuran, Kelurahan Kubu, Bangli, (22/7).

Lebih lanjut, Gede Sudarma Suartha mengatakan kegiatan yang dirangkai dengan rekreasi bagi 300 anak penerima PPA-PKH juga diisi penyerahan 10 anak berprestasi ke calon orang tua asuh. Program PPA-PKH 2015 di Kabupaten Gianyar merupakan yang kedua kalinya. Seleksi anak yang memperoleh program ini cukup ketat, “Prioritas utama program ini merupakan anak yang berasal dari keluarga kurang mampu dengan kartu pra keluarga sejahtera, anak yang terancam putus sekolah dan anak rawan dipekerjakan,” terangnya.

Pekerja anak bukan berarti mencari uang saja namun, bekerja dirumah tangga membantu orang tua juga merupakan salah satu pekerja anak, sehingga pendamping yang melaksanakan survey dan verifikasi kelapangan sangat sulit menentukan 300 anak tersebut. Pendamping yang melaksanakan survey diberikan tugas per pendamping 10 anak dan dibagi menjadi 10 selter, setiap selter terdiri adri 30 anak. “Selama ini anak yang kurang mampu kebanyakan memiliki nilai yang tidak cukup di sekolah negeri, sehingga harus memilih sekolah swasta yang jauh dari rumahnya dan kemungkinan anak tersebut putus sekolah, anak seperti ini akan menjadi prioritas PPA-PKH,” imbuhnya.

Melaksanakan program PPA-PKH, Dinaskertras Kabupaten Gianyar bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten sehingga program ini bisa berjalan optimal. Pendataan ini telah dilaksanakan selama sebulan. Dan selama sebulan dididik di masing-masing selter. “Hari ini anak-anak akan diajak berekreasi selama sehari di areal Desa Wisata Penglipuran dan sekelilingnya, sambil menyiapkan diri untuk sekolah di sekolah masing-masing,” terangnya.

Sekda Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra selepas melakukan penyerahan bantuan pendidikan berkelanjutan, sangat mengapresiasi program ini, selama ini beberapa anak di Gianyar terancam putus sekolah, sehingga wajib belajar Sembilan (9) tahun kurang optimal. Anak-anak yang lolos PPA-PKH memang melewati berbagai seleksi yang ketat, sehingga siapapun yang lolos di sekolah nanti tidak diperkenankan dipungut biaya apapun.

Pada acara tersebut, Sekda Kabupaten Gianyar juga memberikan motivasi ke 300 anak pemamfaat PPA-PKH agar belajar lebih giat. Banyak anak orang mampu yang memiliki prestasi yang kurang baik, sehingga anak-anak yang lolos PPA-PKH diharapkan bisa memiliki nilai yang baik. “ Saya sangat apresiasi program ini, dengan itu kesempatan anak sekolah meningkat dan anak putus sekolah bisa diatasi,” terangnya. (Humas Gianyar/Suar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .