20 October 2015

Sekda Gus Gaga Dukung Kegiatan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca

Kegiatan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca merupakan langkah inovatif dalam memotivasi pengelola perpustakaan, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayannya. Kegiatan ini juga diharapkan dapat mendorong semangat masyarakat dalam meningkatkan kegemaran membaca. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra  saat membuka Talk Show Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca di Provinsi dan Kabupaten/Kota Tahun 2015 di Balai Budaya, Gianyar, (19/10).

Lebih lanjut, Gus Gaga mengatakan, Pemerintah Kabupaten Gianyar melalui Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Gianyar telah menjabarkan program pengembangan minat dan budaya baca kedalam kegiatan teknis yakni “Gianyar Membaca” yang melibatkan siswa SD se- Kabupaten Gianyar. Demikian juga kegiatan lain seperti lomba membuat karya tulis, resensi buku bagi pelajar  SMA, lomba bercerita tingkat SD dan SMP. Terkait dengan Gerakan Nasional Gemar Membaca, Pemkab. Gianyar juga mulai berbenah dengan menyiapkan fisik dan interior Perpustakaan Daerah Kabupaten Gianyar yang lebih representative di tahun 2016 sehingga menarik dan nyaman untuk dikunjungi.

“Kami sangat mendukung kegiatan Gemar Membaca karena merupakan dasar dari kecerdasan. Di Kabupaten Gianyar, perpustakaan ke depan akan menjadi program wajib,” terang Gus Gaga.

Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca Perpustakaan Nasional RI, Drs. Muh Syarif Bando, MM mengatakan,  perpustakaan dengan pendidikan seperti dua mata pisau yang tidak dapat dipisahkan. Kegiatan ini merupakan bagian dalam rangka menyadarakan diri kita bahkwa peningkatan budaya masyarakat tidak bisa dilakukan oleh orang perorangan melainkan harus menjadi sebuah gerakan nasional. Semua masyarakat, mulai dari keluarga dan lingkungan sekolah harus menyadari pentingnya membaca. 

“Perpustakaan bukan merupakan pendukung pendidikan tetapi bagian dari pendidikan itu sendiri. Tanpa buku – buku yang akan mengajarkan mereka, susah untuk menghasilkan kreatifitas dan inovasi,”terang Muh Syarif Bando.

Kegiatan talk show Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca mengambil tema “Membangun Karakter Bangsa Melalui Gemar Membaca dengan Memberdayakan Perpustakaan” diikuti  sekitar 200 peserta. Hadir sebagai narasumber, Anggota Komisi X DPRRI, Ida Bagus Putu Sukarta, Se, M.Si tentang peranan legislatif dalam membangun perpustakaan dan Gerakan Nasional Gemar Membaca. Kepala Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca Perpustakaan Nasional RI, Drs. Muh Syarif Bando, MM, tentang Peran Perpustakaan dan Gemar Membaca dalam Membangun Karakter Bangsa serta Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Bali, Luh Putu Hariani, SE, MM. Hadir juga pada kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Gianyar. (Humas Gianyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .