14 July 2015

Sekda Gus Gaga Buka MOPDB Sekaligus Canangkan Bulan Peduli Anak

Memasuki tahun ajaran baru 2015-2016, Pemkab. Gianyar melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga melaksanakan pembukaan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) serentak di Lapangan Astina Raya, Gianyar, Minggu, (12/7). Pembukaan MODPB dirangkaikan dengan pencanangan Bulan Juli sebagai Bulan Peduli Anak oleh Sekdakab, Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra dihadiri oleh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemkab. Gianyar ditandai dengan pelepasan balon.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Dewa Alit Mudiarta mengatakan,

Pelaksanaan MOPDB ini adalan untuk mengenalkan program sekolah, lingkungan sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri peserta didik dan kepramukaan sebagai pembinaan awal ke arah terbentuknya kultur sekolah yang kondusif bagi proses pembelajaran lebih lanjut sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

“Pembukaan MOPDB tahun ini dilaksanakan secara serentak untuk seluruh jenjang pendidikan dari SD, SMP, SMA dan SMK. Peserta yang hadir sekitar 5000 orang dari semua jejang tersebut,” terang Alit Mudiarta.

Alit mudiarta menambahkan, dalam rangka mendukung program Kabupaten Gianyar sebagai Kabupaten Layak Anak, tema MOPDB tahun ajaran 2015 – 2016 yakni “Melalui MOPDB Kita Kuatkan Pendidikan Karakter Mendukung Gianyar sebagai Kabupaten Layak Anak.” Tema ini dimaksudkan sebagai pedoman dan inspirasi bagi sekolah dalam melaksanakan MOPDB.

Sekdakab. Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra mengatakan, pelaksanaan MOPDB tahun ajaran 2015 – 2016 kali ini sengaja dirangkaikan dengan pencangan  Bulan Juli sebagai Bulan Peduli Anak. Hal ini terkait dengan peringatan Hari Anak Internsional tanggal 1 Juli dan Hari Anak Nasional setiap 23 Juli. Pencanangan Bulan Juli sebagai Bulan Peduli Anak ini sebagai momentum untuk menggugah kepedulian kita terhadap anak dengan melaksanakan berbagai kegiatan yang melibatkan seluruh anak – anak dari PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK.

“Nilai – nilai perhatian terhadap anak ini akan menjadi sebuah resonansi yang menggema di seluruh lapisan masyarakat sehingga nantinya anak – anak di Gianyar merasa nyaman berada di lingkungannya masing – masing,” terang Gus Gaga.

Gus Gaga menambahkan, perhatian terhadap anak ini bisa diaplikasikan pada lingkungan masing – masing baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan sekolah. Kerjasama seluruh komponen masyarakat termasuk desa adat sangat diperlukan dalam mewujudkan hal tersebut. Hal ini juga berlaku bagi SKPD di Lingkungan Pemkab. Gianyar, dengan mengintegrasikan kegiatan perlindungan terhadap anak, baik dari aspek pendidikan, kenyamanan maupun keamanannya.  Dalam hal ini, kasus kematian Angeline menjadi pengalaman yang berharga bagi semua pihak untuk lebih meningkatkan kepedulian kita terhadap anak.

“Bila memungkinan di desa adat ada perarem yang secara nyata melindungi anak karena selama ini posisi anak sangat rentan menjadi korban kekerasan,” tegas Gus Gaga.

Pembukaan MOPDB serta pencanangan Bulan Juli sebagai Bulan Peduli Anak tersebut juga diisi dengan berbagai kegiatan, seperti jalan sehat berhadiah yang diikuti oleh ribuan peserta baik dari kalangan dunia pendidikan maupun masyarakat umum. Selain itu juga, dimeriahkan dengan fragmentari dan pementasan musik dari siswa – siswa sekolah di Kabupaten Gianyar, Lomba mewarnai tingkat PAUD dan SD, serta Lomba Melukis tingkat SMP, SMA/SMK. Pada kesempatan itu juga ditetapkan pemenang Lomba Logo Bulan Peduli Anak, selanjutnya digunakan sebagai logo permanen Bulan Peduli Anak yang dimenangkan oleh siswa – siswi SMA Negeri 1 Gianyar. Sementara, untuk penyerahan hadiah kepada masing – masing pemenang dilaksanakan secara bersamaan dengan lomba – lomba yang digelar sebelumnya pada puncak peringatan Bulan Peduli Anak, 31 Juli mendatang.  (Humas Gianhyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .