29 May 2015

Sekda Gus Gaga Ajak Warga Dukung Pelaksanaan Pendataan Keluarga

Pendataan keluarga tahun 2015 di Kabupaten Gianyar oleh Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PP dan KB) telah mencapai 78.30 persen, yakni sebanyak 83.401 KK dari 106.510 KK .  Dari hasil pendataan keluarga per tanggal 27 Mei 2015, yakni Kecamatan Sukawati terdata 14.257 KK dari total 20.465 KK (70.37 %); Kecamatan Blahbatuh terdata 11.653 KK dari total 14.155 KK (82.32%); Kecamatan Gianyar terdata 16.487 KK dari total 21.953 KK (75.10%); Tampaksiring terdata 8.541 KK dari total 11.799 KK (72.39%); Ubud terdata 13.309 KK dari total 15.653 KK (87.30%); Tegallalang terdata 11.503 KK dari total 14.748 KK (86.70 %) dan Payangan terdata 7.831 KK dari total 9.737 KK (80.43%).

Pendataan keluarga yang dilakukan dengan system “door to door”, diyakini memiliki akurasi yang tinggi karena dilakukan oleh para kader di tingkat banjar, desa/kelurahan maupun kecamatan. Pendataan tersebut tidak hanya menyasar masyarakat umum saja, namun kalangan pejabat tak luput dari pendataan. Rumah Sekretaris Daerah Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra yang berlokasi di Lingkungan Candi Baru, Gianyar juga didatangi oleh kader yang ada Banjar, (28/5).

Dalam pendataan tersebut, Ida Bagus Gaga Adi Saputra menerima dengan antusias petugas pendata yang berjumlah sekitar 6 orang tersebut.  Sejumlah pertanyaan yang diajukan petugaspun dijawab dengan lugas, mulai dari jumlah anggota keluarga, keikutsertaan dalam Program Keluarga Berencana (KB) hingga mengisi formulir pendataan. Seusai mengisi formulir, Gus Gaga juga turut mendampingi pemasangan stiker pendataan keluarga dengan nomor urut pendataan 454.

Seperti yang dijelaskan, Kepala PP Dan KB Kabupaten Gianyar, Ida Ayu Putu Sri Ambari, pendataan keluarga ini merupakan Program Nasional yang dilaskanakan serentak di seluruh Indonesia setiap 5 tahun sekali (data by name by address). Data yang didapat ini nantinya akan dipergunakan dalam penetapan  sasaran dan optimalisasi operasional program pembangunan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga  (KKBPK), tersedianya data base demografi kependudukan, data base KB, data base tahapan keluarga sejahtera dan data base anggota keluarga. Di Kabupaten Gianyar, pedataan telah dilakukan sejak 1 Mei lalu dan akan berakhir pada 31 Mei mendatang.

Ida Bagus Gaga dalam kesempatan itu menyampaikan, pendataan keluarga yang untuk di Kabupaten Gianyar agar ditampilkan seakurat mungkin sesuai dengan kondisi dilapangan. Mengingat data kependudukan bersifat dinamis, dimana sewaktu – waktu dapat berubah. Ke depan, Pemkab. Gianyar akan menyusun sebuah mekanisme tentang system pelaporan perubahan kependudukan mulai dari tingkat banjar, desa/kelurahan, kecamatan hingga kabupaten. Demikian pula dari system pendataan yang dilakukan, ke depan instansi yang melakukan pendataan serupa seperti Catatan Sipil dan Badan Statistik akan disinergikan pelaksanaannya. Sehingga dari segi efisiensi waktu dapat dilakukan, serta warga juga tidak terlalu disibukkan oleh pendataan beberapa instansi dengan waktu yang berbeda.

“Sebetulnya pendataan seperti ini kan obyeknya sama yaitu warga. Cuma mungkin di beberapa instansi penekanan pendataannya yang berbeda. Kenapa tidak disinergikan, secara bersama – sama turun ke lapangan, jadi dari segi waktu lebih hemat dan efisien,” terang Gus Gaga.

Gus Gaga menambahkan, selain pendataan, up date data juga sangat penting dilakukan. Sehingga setiap perubahan data keluarga dapat direkam dengan baik. Mulai dari yang baru lahir, meninggal, datang dan pergi harus terekam data diri maupun keluarganya. Sehingga ke depannya, tidak ada lagi warga yang sudah meninggal tetapi datanya masih tercantum. Untuk itu, dalam rangka mendukung pelaksanaan pendataan keluarga yang dilakukan oleh Pemkab. Gianyar, Gus Gaga mengajak seluruh masyarakat agar secara aktif melaporkan setiap perkembangan yang terjadi di lingkungan keluarga masing – masing. Begitu juga dengan para kader yang ada di tingkat banjar, desa/kelurahan maupun kecamatan agar secara proaktif melakukan koordinasi. (Humas Gianyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .