12 August 2015

Sekda Gianyar Kembali Sidak Sekolah “Pastikan Hak-Hak Anak Terpenuhi “

Sekda Gianyar Ida Bagus Gaga Adi Saputra kembali melakukan sidak ke sejumlah sekolah, (12/8). Selain melihat proses belajar mengajar, juga memantau kebersihan dan kantin sekolah. Hal ini berkaitan dengan program pemerintah memenuhi semua kebutuhan dan hak-hak anak, terkait Gianyar sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA).

Sama pada sidak sebelumnya, Sekda Gianyar  didampingi Kepala Disdikpora Dewa Gde Alit Mudiarta berkunjung tanpa pemberitahauan sebelumnya, sehingga membuat guru setempat sedikit kaget. Sekolah yang dikunjungi sejak pukul 07.30 wita adalah SD Negeri 6 Gianyar, SD Negeri 1 Abianbase, SMP Negeri 1 Gianyar dan SMK Negeri 1 Gianyar.

Kunjungan menyasar pada kantin sekolah, toilet, kebersihan lingkungan sekolah dan mengecek kehadiran guru. Sekda Ida Bagus Gaga Adi Saputra kembali mengingatkan para pedagang agar tidak menjual produk makanan atau minuman yang membahayakan kesehatan siswa. Bahkan pejabat penting Pemkab. Gianyar sempat membeli dan mencicipi barang dagangan apakah sudah sehat atau belum.

“Pengawasan ini penting agar anak-anak tidak menjadi korban produk makanan atau minuman yang mengandung bahan kimia berbahaya,” tegas Ida Bagus Gaga Adi Saputra.

Selain kantin, masalah kebersihan areal sekolah dan toilet juga menjadi prioritas kunjungan. Tujuannya untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan siswa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti lantai licin, got yang kotor atau genangan air yang bisa menimbulkan penyakit.

Dari pantauan itu ditemukan got kotor dan lantai toilet yang licin yakni di SD Negeri 1 Abianbase. Sekda Gianyar pun langsung mengintruksikan kepada Kepala Disdikpora untuk segera melakukan perbaikan karena membahayakan anak-anak.

“Sudah menjadi tanggungjawab kita bersama untuk memenuhi semua kebutuhan dan hak-hak anak agar merasa aman dan  nyaman,” terang Ida Bagus Gaga Adi Saputra.

Dia juga menekankan, raihan penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) dari Presiden RI, Joko Widodo Selasa (11/8) yang diterima Bupati Gianyar, agar menjadi cambuk untuk memenuhi kebutuhan dan hak-hak anak. Jangan ada lagi tindak kekerasan terhadap anak-anak. (Humas Ginyar/NGR WW)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .