01 July 2018

Sekaa Gender Suara Murti Persembahkan Garapan Baru di PKB

Duta Kabupaten Gianyar Sanggar Suara Murti Br. Babakan, Sukawati, mempersembahkan garapan baru seni gender pada lomba gender wayang remaja PKB ke 40 tahun 2018, bertempat di kalangan Ratna Kanda Art Center Denpasar. (30/6).

Sanggar asuhan I.Ketut Buda Astra dan I Made.Juanda, membawakan tiga gending gender yakni Sekar Gendot, Pemungkah dan garapan anyar tabuh kreasi "Semara Dahana".

Menurut Ketut Buda Astra, tabuh kreasi "Semara Dahana" menjadi senjata.pemungkas anak asuhannya meraih hasil terbaik. Pasalanya dalam garapan itu merupakan bentuk komposisi gending yang dipadukan dengan sloka yang mana penggarap mencoba mengangkat api cinta kehidupan. Alunan melodi yang sarat dengan makna dan hentakan demi hentakan sebagai ciri khas gender Sukawati.

"Kami ingin menampilkan ciri khas gender sukawati yang  alunan melodinya penuh variasi serta hentakan yang teratur dan tegas,"'kata Buda Astra.

Tampil sebagai tukang gender Sanggar Suara Murti yakni Kadek Candy Cintya Dewi, Made Gede Panji P., Made Yogi Pranata, Wayan Dipa Raditya serta pembaca sloka Ni Made Nita Cahyanti dan Ni Wayan Diah Widyanti.

Duta Gianyar tampil pada urutan ketiga dan mebarung dengan Sanggar Seni Kembang Bali. Duta Kabupaten Tabanan. Tampil mebarung pertama kali  Sekaa Gender Katih Ilang Duta Kabupaten Klungkung dengan Sanggar Ganeswara duta Kabupaten Buleleng. (HumasGianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .