14 March 2011

SDN 5 Singakerta Siap Terima Adiwiyata Mandiri

Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menerima Tim verifikasi Adiwiyata Pusat dari Kementerian Lingkungan Hidup di SDN 5 Singakerta, Ubud (14/03).

Setelah sukses meraih Adiwijata tahap I (Sekolah Calon Adiwiyata) dan dua kali tahap II (sekolah Adiwiyata), Sekolah Dasar Negeri 5 Singakerta Kembali dinilai oleh Tim Verifikasi Adiwiyata Pusat  dari Kementerian Lingkungan Hidup untuk memperebutkan penghargaan Adiwiyata Mandiri. Penghargaan Adiwiyata Mandiri bertujuan memberikan penghargaan kepada sekolah-sekolah yang memiliki kebijakan berwawasan lingkungan hidup. Demikian diungkapkan Ketua Tim Adiwiyata SDN 5 Singakerta, I Wayan Klese.

Menurut Ketua Tim Verifikasi Adiwiyata Pusat, Susy R Sadikin, SE, MSC., SDN 5 Singakerta menjadi salah satu dari 35 nominator penerima penghargaan Adiwiyata Mandiri. Penghargaan tersebut akan diberikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertepatan pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia tanggal 5 Juni mendatang.

Lebih lanjut, menurut Susy, Penilaian terdiri dari empat indikator, yakni; Pengembangan Kebijakan Sekolah, Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan, Pengembangan Kegiatan Berbasis Partisipatif serta Pengelolaan dan Pengembangan Sarana Pendukung Sekolah. Yang terpenting dari empat indikator tersebut adalah kebijakan sekolah dalam mendukung peningkatan prestasi terutama di bidang lingkungan hidup. Penilaian tahun ini jauh lebih ketat, karena sekolah penerima Adiwiyata Mandiri akan menjadi panutan untuk sekolah-sekolah lain, jadi harus betul-betul selektif. Susy berharap semoga SDN 5 Singakerta bisa meraih Adiwiyata Mandiri, karena keberhasilan tersebut akan menjadi yang pertama di Provinsi Bali.

Dalam sambutannya, Bupati Gianyar menjelaskan bahwa keberhasilan SDN 5 Singakerta sampai pada tahap verifikasi Adiwiyata Mandiri, berkat kerja keras dan kerjasama seluruh warga sekolah, masyarakat serta pembinaan dari beberapa instansi terkait.

Lebih lanjut, sebagai sekolah yang pertama kali meraih Adiwiyata di Kebupaten Gianyar,  jejak SDN 5 Singakerta, telah diikuti oleh SMPN 2 Tampaksiring, SMAN 1 Tampaksiring dan SMAN 1 Sukawati yang telah berhasil mendapat penghargahan Adiwiyata Tahap I (Sekolah Calon Adiwiyata).

Bupati berharap dari kegiatan ini dapat memberi dampak positif bagi masyarakat dalam pelestarian dan penyelamatan lingkungan serta memberikan pendidikan peduli lingkungan, hidup sehat dan mandiri sejak dini.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .