26 September 2014

SDN 3 Tulikup Dinilai Lomba Sekolah Sehat

SDN 3 Tulikup Kecamatan Gianyar, tampil mengesankan dalam lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi Bali, (26/9). Sekolah yang terletak di Gianyar Timur ini, tampak menerapkan program Trias UKS dalam keseharian belajar mengajar di sekolah.

Seperti dijelaskan Kepala Sekolah SDN 3 Tulikup, Dewa Putu Adnyana, S.Pd, di sela-sela evaluasi pelaksanaan UKS di sekolah tersebut. Penerapan Trias UKS seperti pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat, diupayakan untuk diterapkan dan dipahami oleh seluruh siswa maupun guru-guru di SDN 3 Tulikup.  Sehari-hari siswa diajarkan pola hidup bersih mulai dari hal yang sederna, seperti membuang sampah dengan cara memilah sampah. Gedung UKS yang cukup nyaman, dengan pelayanan P3K yang sigap dari para dokter cilik yang telah terlatih. Di pojok sekolah, tersedia kantin sehat dengan lingkungan yang nyaman. “ Bahkan siswa kami atas nama Sang Ayu Indah Pratiwi, pernah menjadi duta Bali dalam lomba Dokter Kecil tahun 2012,” jelas Dewa Putu Adnyana.

Bupati Gianyar yang pada kesempatan itu diwakili oleh Asisten Administrasi dan Pemerintahan Setda Kabupaten Gianyar, Cokorda Rai Widiarsa P, beberapa hal penting yang menjadi pokok perhatian, dalam upaya kesehatan sekolah adalah masalah kesehatan yang banyak dialami oleh anak-anak usia sekolah, seperti batuk, pilek maupun flu. Ini memerlukan adanya upaya dari pihak sekolah, dinas kesehatan, maupun masyarakat untuk mencegah dan upaya menerapkan program hidup bersih dan sehat dikalangan sekolah. Program PHBS yang termasuk dalam Trias UKS inilah, diharapkan mampu diterapkan agar anak-anak dapat terhindar dari penyakit. Selain itu, anak didik menjadi target yang tepat untuk menyebarluaskan informasi kesehatan. Sehingga dapat pula membina mereka melaksanakan PHBS dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Ketua Tim Evaluasi Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Bali, Drs. Dewa Putu Beratha mengatakan, lomba UKS ini merupakan salah satu cara membangun SDM yang berkualitas, dengan cara meningkatkan derajat kesehatan di sekolah. Membiasakan siswa dengan prinsip-prinsip hidup sehat. Disamping itu pula, melalui Trias UKS diharapkan para siswa dapat tumbuh dan berkembang menjadi anak-anak yang sehat.  (Humas Gianyar/eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .