18 June 2013

SDN 1 Ubud Juara Umum SMS Competition

Di usianya yang kini menginjak 58 tahun, SMP Negeri 1 Gianyar masih menunjukkan eksistensi dan prestasi di tengah masyarakat. SMP tertua di Kabupaten Gianyar terus berinovasi dalam meningkatkan minat dan prestasi siswa dalam bidang pelajaran tertentu. Salah satunya dengan menyelenggarakan The 9th  Sains Mathematic Social (SMS) Competition yang diikuti oleh siswa SD se-Kabupaten Gianyar atau lebih di kenal dengan olimpiade mata pelajaran  meliputi Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial, (24/4).

Hal itu diungkapkan Ketua Panitia, I Ketut Sadia, S.Pd  pada acara penyerahan Piala Bergilir Bupati Gianyar II, SMS Competition Tahun 2013 yang diserahkan langsung oleh Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata dan Pelepasan Siswa Kelas IX Tahun Pelajaran 2012/2013 di aula SMP Negeri 1 Gianyar, (12/6).

Ketut Sadia menjelaskan olimpiade tersebut sebagai wadah untuk dapat  mengarahkan dan membina siswa berprestasi dalam mata pelajaran tertentu serta merekrut siswa berprestasi sebagai input dalam menunjang sekolah unggulan di Kabupaten Gianyar. “Kegiatan ini terbukti sangat ampuh dalam mencetak siswa – siswa berprestasi di bidangnya,”terang Ketut Sadia.

Dari tahun 2009 s/d 2013, prestasi siswa binaan SMP Negeri 1 Gianyar telah masuk pada level Nasional bahkan Internasional. Pada tahun 2013 siswa SMP Negeri 1 Gianyar mampu meraih medali perunggu pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan Ilmu Pengetahuan Sosial Tingkat Nasional. 

SMS Competition ke 9 dan Piala Bergilir Bupati Gianyar ke 2 Tahun 2013 ini diikuti oleh 667 peserta. Terdiri dari Sains 302 peserta, Mathematic 158 peserta, Social 207 peserta dimana 10 orang terbaik di masing – masing pelajaran akan mendapatkan medali emas, perak dan perunggu serta direkomendasikan diterima sebagai siswa SMP Negeri 1 Gianyar Tahun Pelajaran 2013 -2014. Total medali yang diperebutkan, 6 emas, 9 perak dan 15 perunggu.

Lebih lanjut dalam Olimpiade itu, SD Negeri 1 Ubud ditetapkan sebagai Juara Umum I  dan berhak atas Piala Bergilir Bupati Gianyar II Tahun 2012. Sedangkan, Juara Umum II diraih SD Negeri 1 Gianyar dan Juara Umum III, SD Negeri 2 Gianyar. Adapun rincian perolehan medali,  Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Sains) peraih emas adalah I Made Indra Wahyudi (SD Negeri 1 Gianyar), I Komang Wirayana (SD Negeri 2 Lebih). Medali Perak, Ni Putu Irma Yuniari (SD N 2 Gianyar), Kadek Adi Gapara Getas (SD N 1 Gianyar), Ananda Putra Perdana (SD N 5 Gianyar). Pelajaran Matematika peraih medali emas, Gusti Agung Gede A. Ananda (SD Negeri 2 Gianyar), Ni Kadek Widiawati (SD Negeri 3 Siangan). Medali Perak, Putu Susi Indah Cahyani (SD N 1 Abianbase), Kadek Indah Pramudhea (SD N 5 Gianyar), Nyoman Jyostisa (SD N 3 Buruan). Sedangkan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, peraih medali emas, Anak Agung Istri Serena Pasha (SD Negeri 1 Ubud), I Dewa Nyoman A.N. Wibisana (SD Negeri 1 Ubud). Medali Perak, Putu Aldi Tusan (SD N 3 Beng), I Wayan Mahaksa Kumara Tungga (SD N 6 Gianyar), Ni Putu Wintana Milena (SD N 1 Abianbase).

Bupati Gianyar, A. A. Agung Bharata, merasa bangga atas apa yang telah di raih oleh SMP Negeri 1 Gianyar yang telah mampu mengantarkan anak didiknya pada prestasi level Internasional. Kerjasama yang baik antara pihak sekolah, orang tua murid dan komite sekolah senantiasa dijaga terutama peran aktif komite sebagai perwakilan dari orang tua siswa.

“Tanpa ada kerja sama yang baik antara pihak sekolah dengan komite akan sulit mewujudkan sekolah yang berkualitas,” terang Agung Bharata

Selain penyerahan Piala Bergilir Bupati Gianyar, medali dan sertifikat kepada para siswa pemenang SMS Competition kegiatan juga dirangkai dengan pelepasan siswa Kelas IX Tahun Pelajaran 2012/2013. Dimana untuk tahun ini SMP Negeri 1 Gianyar telah mencetak lulusan sebanyak 206 orang dengan nilai rata – rata 33,94 serta nilai perorangan tertinggi 37,94.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .