17 July 2014

Satukan Persepsi Rencana Kontruksi Taman Kota

Dinas Kebersihan dan Pertanaman (DKP) Kabupaten Gianyar menggelar rapat koordinasi (Rakor) guna membahas Rencana Konstruksi Taman Kota Ciung Wanara Gianyar, bertempat di ruang rapat BPPT Kabupaten Gianyar, (16/7).

Rapat dipimpin Kepala Dinas DKP Kabupaten Gianyar, I Wayan Kujus Pawitra, dihadiri Dinas – dinas terkait dari perwakilan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bali, Dishub Kabupaten Gianyar, Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Metro Denpasar, Balai Jalan Nasional VIII, serta tokoh – tokoh masyarakat Kabupaten Gianyar. Kujus mengatakan tujuan dari rakor ini untuk menyatukan persepsi terkait rencana konstruksi Taman Kota Ciung Wanara yang akan ditampilkan sebagai salah satu ikon Kota Gianyar serta mewujudkan Ruang Terbuka Hijau yang memberikan manfaat ekologi, sosial, dan estetika.

Sebagaimana diketahui menurut Kujus Pawitra kini terdapat beberapa permasalahan kompleks yang terjadi di sekitar taman kota Ciung Wanara seperti terjadi kerawanan lau lintas terutama di sebelah timur taman, kondisi taman yang kurang terawat, struktur lantai area taman yang rendah, pelataran patung utama yang memerlukan penanganan berkelanjutan, vegetasi di sekitar taman yang perlu diremajakan, serta kurangnya elemen pelengkap pemandangan dan sarana pendukung di areal taman.

Maka atas pertimbangan tersebut, dikatakan Kujus,  Pemkab Gianyar melalui DKP bekerja sama dengan CV. Tri Maya sebagai pemenang tender pengadaan , memiliki beberapa program perencanaan untuk mengatasi permasalahan tersebut, diantaranya membangun trotoar di sekitar pelataran taman kota, menambahkan ornamen – ornamen penghias taman seperti kolam air mancur, lampu taman, pot bunga, tanaman hias, khususnya tanaman bunga pucuk bang yang kini menjadi ikon baru Kabupaten Gianyar. Juga nantinya akan dibangun tempat bermain anak – anak, tempat ibu menyusui anak, hal tersebut dilaksanakan untuk semakin menegaskan bahwa Kabupaten Gianyar siap menjadi Kota Layak Anak (KLA).

Kujus menambahkan untuk melaksanakan kontruksi tersebut diperlukan anggaran sekitar kurang lebih 3,4 Miliar Rupiah. Rencana ini sendiri masih menunggu kajian lebih lanjut dengan pihak PJN Metro Denpasar, Dishub Provinsi Bali, Balai Jalan Nasional VIII, dan pihak terkait lainnya, sehingga belum bisa dipastikan kapan waktu pengerjaannya akan dimulai.”Kami akan mengkaji lebih lanjut lagi terhadap pihak yang terkait, lantaran akan ada beberapa imbas yang terjadi atas rekontruksi tersebut, seperti pengalihan arus lalu lintas, dan sebagainya. Maka selanjutnya akan kami sosialisasikan secara intens terhadap masyarakat terkait rencana kontruksi ini.” jelas Kujus. (Humas Gianyar/ari)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .