23 June 2015

Satgas PPA Jangan Hanya Formalitas

Komitmen Pemerintah Kabupaten Gianyar dalam mewujudkan Kabupaten Gianyar Menuju Layak Anak  terus dibuktikan. Saat ini Pemkab. Gianyar sedang mempersiapkan Satuan Tugas (Satgas) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) dalam upaya mencegah terjadinya kekerasan pada perempuan dan anak.

Hal ini terungkap pada rapat Pembentukan dan pembagian Tugas Satgas PPA di Ruang Kerja Sekretaris Daerah Kabupaten Gianyar, (22/6). Rapat dipimpin Sekda Kabupaten Gianyar Ida Bagus Gaga Adi Saputra dan diikuti seluruh pimpinan SKPD di Lingkungan Pemkab. Gianyar dan Camat se-Kab. Gianyar.

Gus Gaga mengatakan dalam membentuk Satgas PPA, Pemkab. Gianyar akan mengandeng Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) sampai  jajaran terbawah, seperti Babinsa dan Babinkamtibmas serta melibatkan seluruh SKPD. Satgas ini nantinya berfungsi sebagai pendetaksi dan pencegah dini terhadap potensi kekerasan dan kejahatan terhadap perempuan dan anak.

Lebih lanjut Sekda mengatakan, beberapa poin utama menjadi fungsi satgas, yaitu melakukan deteksi dan pencegahan dini atas potensi terjadinya kekerasan dan kejahatan terhadap perempuan dan anak, memberi pertolongan cepat bagi perempuan dan anak atas perlakuan buruk yang diterima oleh mereka,  menguatkan peran serta masyarakat  melalui pelatihan dan penyuluhan bagi kader PPA serta membantu dan bekerjasama dengan aparat terkait.

“ Satgas PPA jangan hanya Formalitas, setiap anggota wajib memahami  apa yang menjadi tugas-fungsinya. Satgas akan menjadi corong Pemkab. Gianyar dalam mencegah terjadinya Kekerasan dan kejahatan terhadap perempuan dan anak,” ucapnya.

Menurutnya hingga saat ini masih banyak terjadi kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, hal tersebut harus dapat di deteksi sedini mungkin agar kekerasan dan kejahatan terhadap Perempuan dan anak bisa di cegah dan ditindak.

“Kekerasan terhadap perempuan dan anak harus dihapuskan jangan sampai kekerasan yang menimpa Engeline menimpa anak-anak lainnya, khususnya di Gianyar. harus diingat bahwa anak merupakan aset terpenting bangsa,” Tegas Gus Gaga.

Lebih lanjut, Gus Gaga mengatakan, Pemkab. Gianyar akan selalu melakukan yang terbaik demi terwujudnya Keamanan dan kenyamanan bagi seluruh masyarakat Gianyar khusunya perempuan dan anak. Dia berharap, dengan segera dibentuknya Satgas PPA, kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak baik fisik maupun psikis dapat ditekan seminimal mungkin. (Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .