01 February 2016

Sambut Hut ke 2, Bali Adventure Community Lakukan Pembersihan di Pantai Masceti

Bali Adventure Community atau biasa dikenal dengan sebutan BAC yang beralamat di Jalan Kepundung, nomor 5 Gianyar, merupakan salah satu organisasi yang mempunyai visi dan misi sebagai komunitas pecinta alam yang peduli terhadap lingkungan. Mendaki gunung adalah hobby dari komunitas ini, tetapi menjaga dan melestarikan lingkungan merupakan tanggung jawab yang mereka pikul dalam setiap pendakian yang mereka lakukan. Beberapa waktu lalu komunitas yang beranggotakan 200 anak muda ini telah sukses melakukan pendakian ke Gunung Batur yang disertakan dengan pembersihan gunung pada jalur trek pendakian yang mereka tempuh.

Menyambut hari jadi BAC yang ke 2 yang jatuh pada 16 Februari 2016 nanti, Dengan mengusung tema “Jika kita peduli, tunjukan bahwa kita benar-benar peduli”, BAC mengadakan kegiatan pembersihan di areal Pura Masceti dan Pantai Masceti, Blahbatuh, Gianyar, (31/1). Selain pembersihan, mereka juga mengadakan kegiatan penanaman 100 pohon dan donor darah. Dalam kegiatan ini, turut serta juga pihak keamanan dari Polsek Blahbatuh, siswa SMAN 1 Blahbatuh serta komunitas sesama pecinta alam yang ada di Bali.

Ketua Panitia Penyelenggara, Kadek Sukadiana, menjelaskan, kegiatan pembersihan ini memang menjadi agenda rutin yang diselenggarakan oleh BAC. Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan pembersihan ini adalah sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap kawasan pantai yang sering kali terabaikan kebersihannya. Ia memilih kawasan Pantai Masceti sebagai tempat kunjungan pembersihan dikarenakan hasil survey yang mereka lakukan beberapa waktu lalu melihat kawasan Pantai Masceti yang kotor akibat sampah. “Ini kegiatan sosial, jadi kami iklas dan dengan senang hati melakukannya karena tujuan utama kami adalah selalu peduli terhadap lingkungan” ujarnya.

Disisi lain, Polsek Blahbatuh melalui Kanit Sabara, Iptu I Dewa Nyoman Arta S.H, sangat mengapresiasi kegiatan ini, ia berharap kegiatan-kegiatan nyata yang berbentuk kepedulian terhadap lingkungan dapat membias kepada seluruh anak muda dan masyarakat di Gianyar khususnya. Banyak hal positif yang dapat diambil dari kegiatan ini, selain sebagai ajang berorganisasi, kegiatan ini juga dapat menambah pengalaman serta wawasan dalam mengenal lingkungan sekitar. “Kegiatan ini patut dicontoh. Saya berharap BAC menjadi inspirasi bagi anak muda” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum BAC, Wayan Darma Yasa, ia berharap dengan kegiatan-kegiatan sosial yang mereka lakukan dapat menjadi motivasi bagi anak muda untuk selalu berbuat dan melakukan hal-hal positif yang bermanfaat untuk masyarakat serta lingkungan sekitar. Dalam kesempatan ini, Ega sapaan akrabnya, mengajak para anak muda untuk ikut serta menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan dan alam dimana tempat kita tinggal. “Karena lingkungan dan alam adalah rumah kita yang patut kita jaga dan lestarikan” tegasnya.

Dharma Yasa menambahkan, selain melakukan kegiatan pembersihan, penanaman pohon dan donor darah, dalam menyambut hari jadi BAC yang ke 2, mereka juga akan melakukan bhakti sosial ke Panti Asuhan Semara Putra, di Klungkung pada tanggal 14 Februari 2016 nanti yang bertepatan dengan Hari Valentine. “Kami sayang alam, kami juga sayang kepada sesama” tegas pemuda yang berprofesi sebagai guru bahasa inggris ini. (Humas Gianyar/oscar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .