06 May 2014

Salon Desa Mulai Menggeliat

Program salon desa yang dicanangkan beberapa waktu lalu, mulai menampakkan hasil. Dari 21 desa binaan yang mendapat bantuan peralatan salon, hampir semua desa telah mendirikan salon. Salah satunya adalah Desa Batubulan Gianyar. Hal ini terungkap saat pelatihan salon untuk kader PKK desa di LPK Salon Putra Intan Gianyar, (5/5).

Salon Desa Batubulan mulai beroperasi sejak bulan Januari lalu, dengan mengambil lokasi di kantor desa setempat. Seperti dijelaskan Putu Astrini kader PKK Desa Batubulan. Setelah dilaunching beberapa waktu lalu, salon sudah mulai beroperasi namun waktunya mengikuti jadwal kantor desa buka, jika kantor tutup maka salon tutup juga. Untuk tarif, masih lebih murah dari salon umum lainya, karena pelanggan masih berkisar anggota PKK saja. “ Hasilnya kami pergunakan untuk membeli bahan- bahan salon yang telah habis,” jelas Putu Astrini.

Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra mengaku sangat bersyukur, bahwa apa yang telah diprogramkan dapat berjalan dan memberi manfaat bagi masyarakat luas. Desa-desa binaan lainnya hampir semuanya sudah mendirikan salon, hanya ada yang berdiri sendiri seperti di Desa Batubulan dan ada yang bergabung dengan salon yang sudah ada terlebih dahulu.

Untuk lebih meningkatkan mutu SDM  kader PKK Desa, pihaknya bekerjasama dengan LPK Salon Putra Intan memberikan pelatihan pada 2 orang kader PKK desa diseluruh desa binaan. Pelatihan meliputi tata cara mengelola salon oleh Dra. Ni Wayan Sumerthi, sedangka untuk tata rias rambut dilatih langsung oleh tim Makarizo Denpasar.

Ny. Surya Adnyani juga menjelaskan, pelatihan ini lebih pada meningkatkan pengetahuan kader PKK desa tentang tata rias rambut dan pemantapan terhadap bantuan peralatan yang telah diberikan. “ Kami ingin bantuan peralatan salon dapat dimanfaatkan secara maksimal,” tegas Ny. Surya Adnyani.

Pelatihan yang dibuka oleh Kadis Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Gianyar, I Made Watha diikuti sebanyak 44 kader PKK dari desa binaan PKK kabupaten Gianyar. Made Watha mengharapkan, kader yang dilatih ini agar dapat menularkan ilmunya pada anggotanya lainnya. Sehingga semua anggoa PKK dapat merasakan manfaatnya. (Humas Gianyar/eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .