11 November 2014

RSUD Sanjiwani Kini Miliki Laparoscopi

Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bali menyerahkan bantuan alat Laparoscopi kepada RSUD Sanjiwani , (10/11). Diterima oleh Wakil Direktur (Wadir) Pelayanan RS Sanjiwani dr. Ida Komang Upeksa. Didampingi Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB (BPPKB) Kabupaten Gianyar Ida Ayu Putu Sri Ambari selaku fasilitator antara BKKBN dan RSUD.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali Ida Bagus Wirama, didampingi Kepala BPPKB Kabupaten Gianyar Ida Ayu Putu Sri Ambari mengatakan, Laparoscopi merupakan alat kesehatan untuk Ibu atau Wanita Usia Subur, yang ingin menjadi Akseptor Metode Operatif Wanita (MOW) atau steril.

Dibandingkan dengan menggunakan Pil KB maupun KB Suntik , banyak keuntungan yang didapat menggunakan Laparoscopi ini. Yaitu cost yang minimalis, resiko kecil, dan respon pelayanan cepat. ”Cara kerjanya adalah memutus secara langsung rantai sel telur menuju ke rahim,”jelasnya.

Dengan bantuan ini, pihaknya berharap fasilitas pelayanan RSUD Sanjiwani akan semakin meningkat. Dan penggunaan Laparoscopi agar dioptimalkan. “Jika difungsikan dengan optimal, alat ini akan berkontribusi dalam menekan angka kelahiran, atau istilahnya dapat dikatakan sebagai alat kontrasepsi permanen,”jelas Ida Ayu Ambari.

Wadir Pelayanan RS Sanjiwani Ida Komang Upeksa  menyampaikan terima kasih, serta menyambut baik bantuan yang diberikan oleh BKKBN. Ke depannya, dengan adanya fasilititas ini, maka upaya pencapaian (MOW) akan meningkat.”sehingga upaya menekan laju penduduk dapat berjalan dengan baik,”katanya.

Pada kesempatan tersebut, setelah  penyerahan alat, selanjutnya langsung dipergunakan untuk melayani  lima Akseptor MOW yang telah dipersiapkan oleh BPPKB Kabupaten Gianyar. (Humas Gianyar/Ari)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .