10 November 2014

Road Show Promosi Minat Baca

Perpustakaan Nasional RI bekerjasama dengan Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi (KPAD) Kabupaten Gianyar menyelenggarakan road show dalam rangka promosi peningkatan minat baca bagi masyarakat Gianyar. Road show dipusatkan di Balai Budaya Gianyar, (8/11), dihadiri Kepala Perpustakaan Nasional Hj.Sri Sukarsih, dan anggota  DPR RI I Wayan Koster.

Road show melibatkan pelajar dari SD, SMP, SMA/SMK, mahasiswa dan masyarakat umum. Mereka diajak berkunjung ke perpustakaan Kabupaten Gianyar yang terletak dilantai 1 Balai Budaya. Selanjutnya diskusi seputar bagaimana menumbuhkan minat baca  beserta permasalahannya dengan pembicara Hj. Sri Sukarsih, I Wayan Koster, Kepala Perpustakaan dan Arsip Propinsi Bali Ni Luh Putu Aryani dan  pakar adat Bali Wayan P. Windia.

Dari diskusi panel terungkap fakta dan fenomena menarik seputar buku. Antara lain, yang disampaikan nara sumber  Hj. Sri Sukarsih tentang kegemaran membaca para tokoh dan pahlawan nasional yang membuat mereka mempunyai visi yang jauh kedepan.

“Bung Karno adalah seorang insinyur, namun beliau gemar membaca semua buku, dari sejarah, biografi orang besar, sampai novel dan sastra dibacanya. Itulah yang membuat Beliau hebat,” katanya.

Menurutunya, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, sesuai data UNESCO, masyarakat Indonesia yang membaca buku rata-rata  0 – 1 buku per tahun/orang. Artinya dalam satu bulan belum tentu ada yang membaca buku.

Salah satu kendala dari kurangnya minat baca adalah masih terpaku pada budaya tutur daripada harus membaca buku. Berbeda dengan negara maju yang menjadikan buku sebagai patokan.

Sementara  Wayan P. Windia menyatakan prihatin, minat masyarakat terhadap buku masih kurang. Mayoritas dari mereka lebih suka menonton TV dan mengakses internet untuk mencari informasi, meskipun kedua media ini juga banyak memberi manfaat.

“Semoga dengan road show ini, minat baca masyarakat dapat lebih meningkat lagi,” harapnya.

I Wayan Koster dalam kesempatan itu menyampaikan, perpustakaan yang ada di kabupaten/kota di Bali belum sepenuhnya disebut representative. Masih banyak yang perlu dibenahi seperti luas bangunan, koleksi buku dan fasilitas penunjang lainnya.

Dia berjanji akan memperjuangkan aspirasi untuk pengembangan pendidikan khususnya perpustakaan dan minat baca masyarakat.

“Buku adalah lentera dunia, buku adalah gudang ilmu. Untuk itu saya mengajak, jadikan buku sebagai sahabat baik keluarga,” pintanya.

Sementara Asisten III Setda Kabupaten Gianyar I Wayan Sudamia mendukung sepenuhnya upaya peningkatan minat baca masyarakat. Untuk itu, Pemkab. Gianyar pada tahun 2015 nanti mengupayakan pembangunan perpustakaan yang lebih representative sebagai salah satu dukungan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) dengan fisik yang lebih luas, interior lebih menarik, taman bacaan, studio pemuteran film anak-anak sehingga dapat menjadi simbul intelektualitas Gianyar.

Kepala KPAD Kabupaten Gianyar Hery Nurhancoko mengatakan, tujuan dari road show sebagai upaya mempromosikan minat baca di kalangan pelajar dan masyarakat umum. Selain itu, agar muncul pemahaman di kalangan masyarakat, bahwa keberadaan perpustakaan sangat penting untuk dikunjungi.

““Road show ini untuk membudayakan masyarakat agar berkunjung ke perpustakaan dan dapat mengambil ilmu yang bermanfaat dari buku yang tersedia,” terang Hery Nurhancoko. (Humas Gianyar/NGR WW)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .