23 December 2014

Rieke Diah Pitaloka ‘Oneng’ Janji Perjuangkan Aspirasi Bidan PTT Gianyar

Anggota Komisi IX DPR RI Rieke Diah Pitaloka ‘Oneng’, berjanji  akan berusaha dengan keras, memperjuangkan aspirasi dari puluhan bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT), yang tergabung dalam Forum Bidan PTT Kabupaten Gianyar.

Hal tersebut ditegaskannya saat Konsolidasi Forum Bidan PTT Kabupaten Gianyar, di Museum Alon, Desa Mas, Kecamatan Ubud, (22/12). Hadir Bupati Gianyar A.A. Gde Agung Bharata, beserta Kepala BPPKB Gianyar, Kepala Dinkes, dan bidan PTT Kabupaten Gianyar.

Rieke mengaku sangat terharu, melihat persatuan dari perempuan – perempuan tangguh itu. Konsolidasi tersebut ditujukan untuk berkeluh kesah, terhadap diskriminasi atas nasib bidan yang kini tengah terombang – ambing dalam ketidakjelasan status mereka.

Pihaknya mengatakan telah bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo untuk membahas masalah tersebut. Adapun pasca pertemuan itu, Presiden Jokowi telah komit menegaskan , bahwa moratorium CPNS akan dikecualikan untuk tenaga pengajar dan tenaga kesehatan.

Lebih lanjut Rieke menerangkan, peran bidan PTT yang selama ini berjibaku di garda terdepan dalam proses persalinan ibu hamil, tentu harus dijadikan perhatian besar. Maka, ia mendukung penuh, agar para bidan PTT yang telah melewati batas usia tes CPNS umum, dapat diangkat melalui jalur khusus.”Melihat dari pengabdian  tersebut,  mematenkan posisi mereka sebagai pegawai tetap, adalah konsekuensi yang sangat adil, ”ucap Politikus PDIP Perjuangan yang juga artis Indonesia tersebut.

Ketua Forum Bidan PTP Kabupaten Gianyar Ni Wayan Nurlaini mengatakan, jumlah bidan PTT pusat yang mengabdi di Kabupaten Gianyar mencapai 68 orang, dengan  masa tugas berbeda-beda, paling lama masa tugas hampir 10 tahun.

Dia menuturkan, rentang waktu yang cukup lama tersebut, membuat pihaknya lupa akan bertambahnya usia. Sehingga, sebagian besar dari mereka tidak memiliki kesempatan lagi, untuk mengikuti tes CPNS melalui jalur umum. Sebab, dari segi usia tidak memenuhi syarat.

Melalui pertemuan ini, kata Nurlaini, pihaknya berharap dan memohon bantuan Bupati dan perwakilan DPR RI untuk memperjuangkan nasib mereka di pusat.”Kami memohon bantuan Bupati dan Ibu Rieke, untuk perjuangkan cita – cita kami menjadi PNS di wilayah Kabupaten Gianyar,”ungkapnya.

Bupati Gianyar A.A. Gde Agung Bharata mengatakan, pihaknya siap memperjuangkan nasib dari para bidan PTT di wilayah Kabupaten Gianyar. Mengingat, bidan PTT ini memiliki tanggung jawab yang maha mulia, yaitu menyangkut nyawa manusia.”Banyak ibu hamil selama proses persalinan dapat ditangani dengan baik oleh Bidan PTT,”ucap Bupati.

Atas pengabdian tersebut, pihaknya akan terus berkonsultasi dengan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI serta Ibu Rieke, guna memproses secara cepat, sehingga segala hal yang menjadi harapan dari bidan PTT dapat diwujudkan. (Humas Gianyar/Ari)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .