29 October 2014

Revolusi Mental Akan Bentuk Pemuda Hebat

Udara panas menyengat tak menyurutkan semangat peserta mengikuti secara khidmat. Apel Bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-86, di Lapangan Astina Gianyar, (28/10). Apel diikuti oleh para Muspida Kabupaten Gianyar, Organisasi KepemudaanGianyar, serta siswa – siswi SMA/SMK Kabupaten Gianyar.

Inspektur Upacara Letkol Rachmad Pudji Prasetyo, membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI mengatakan, Sumpah Pemuda telah membulatkan tekad dan semangat seluruh anak bangsa untuk berjuang.Tetap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai rongrongan terhadap disintegrasi bangsa dengan tekad NKRI Harga Mati.

“Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86 tahun ini mengangkat tema “Bangun Soliditas Pemuda Maju dan Berkelanjutan.”Tema tersebut mengandung pesan agar pemuda dapat memainkan perannya secara optimal, sebagai perekat kesatuan bangsa dalam pembangunan nasional,”ucap Rachmad.

Lebih lanjut diutarakan, Revolusi Mental yang dicanangkan Presiden ketujuh RI amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju. Pemuda yang maju adalah pemuda yang berpikir secara positif. Senantiasa konsisten berorientasi pada kejayaan bangsanya, pantangmenyerah, demi keunggulan dan kegemilangan masadepan.”Revolusi Mental yang disuarakan Bapak Joko Widodo harus kita gunakan sebagai pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang hebat,”tegas Dandim 1616/Gianyar itu.

Dikatakan Rachmad, Keberhasilan generasi terdahulu menyatukan hati dan pikiran bangsa, wajib diteruskan oleh pemuda, dengan menguatkan harapan akan masa depan bangsa yang cemerlang.”Semangat pemuda 86 tahun yang lalu harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda,”pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diadakan penyerahan Beasiswa dan Akta TK terhadap beberapa siswa siswi kurang mampu.Penyerahan dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Gianyar Ida Bagus Gaga Adisaputra didampingi Ketua DPRD Gianyar I WayanTagel Winarta, beserta pengurus Asosiasi Pengusaha Sahabat Anak Indonesia (APSAI) KabupatenGianyar.

Tahun 2015 nanti, Pemkab. Gianyar menargetkan, tidak ada lagi anak miskin di Gianyar. Untuk itulah, secara bertahap telah diberikan bantuan beasiswa untuk anak kurang mampu. Salah satunya pada Hari Sumpah Pemuda ini, dijadikan momen untuk menyerahkan beasiswa pada siswa-siswi kurang mampu yang berprestasi.Selain itu,juga diserahkan akta secara simbolis untuk anak TK/PAUD yang belum memiliki akta kelahiran.

“Hal ini  merupakan aksi nyata dari Pemerintah, memanfaatkan momen SumpahPemuda, sebagai pembelajaran untuk generasi muda,khususnya anak-anak. Agar mempunyai pikiran dan mental, untuk tumbuh kembang menjadi calon pemuda yang istimewa nantinya. Implementasinya, diwujudkan melalui pemberdayaan pendidikan dan tertib administrasi sejak dini”kata Gus Gaga. (Humas Gianyar/Ari)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .