10 December 2015

Realisasi PHR 2015 Sentuh Rp. 180 Milyar Lebih

Pendapatan Pajak Hotel, Hiburan dan Restaurant (PHR) Kabupaten Gianyar tahun 2015 menyentuh angka Rp. 180 milyar lebih. Capaian itu melebihi target PHR induk dan perubahan yang mematok angka Rp. 157 milyar lebih.  Pundi – pundi pemasukan tersebut berpotensi bertambah sampai akhir tahun 2015. Sebab, data yang masuk, baru sampai tanggal 20 November 2015.

Kepala Dinas Pendapatan (Dispenda) Kabupaten Gianyar Ketut Astawa Suyasa mengatakan hal tersebut saat pemberian penghargaan terhadap wajib pajak (WP) Kabupaten Gianyar tahun 2015 di Balai Budaya Gianyar,  (8/12).

Astawa mengatakan, realisasi PHR yang dicapai hingga tanggal 20 November, yakni hotel ditargetkan Rp. 85 Milyar , terealisasi Rp. 92 milyar lebih (108,49%), restoran ditargetkan Rp. 39 milyar lebih, tercapai Rp. 50 milyar lebih (129,91%), hiburan dicanangkan Rp. 30 milyar lebih, tembus Rp. 35 milyar lebih (116,25%), dan air tanah dipatok Rp. 3,9 milyar, baru menginjak Rp. 3,3 milyar lebih (85,02%).

Penyumbang WP terbesar, beber Astawa, dalam kategori hotel berbintang diraih oleh Hotel Four Season (Rp. 9,2 milyar lebih), kategori hotel melati 3 disabet oleh Hotel Royal Pitamaha (Rp. 2,7 milyar lebih), kategori hotel melati 2 diraih Bali Safari & Marine Park (Rp. 1,1 milyar lebih), Bali Safari juga meraih terbesar dalam pajak hiburan (Rp. 13 milyar lebih), kategori hotel melati 1 didapat oleh PT. Alaya Resort (Rp. 1,1 milyar lebih), kategori Pondok Wisata diraih Swan Keramas Bali Villas (Rp. 512 juta lebih), kategori pajak restoran diraih Restoran Four Season (Rp. 3,2 milyar lebih), kategori pajak air tanah diraih Hotel Amandari (Rp. 417 juta lebih), sedangkan petugas pendata/penagih terbesar didapat oleh wilayah 4 kecamatan Ubud sebesar Rp. 20 milyar lebih.

Dalam kesempatan itu, Astawa juga mengatakan, di tahun 2015, pihaknya sudah melakukan pemasangan 100 alat Tapping Box (kotak penyadap) di sejumlah usaha hotel dan restoran Kabupaten Gianyar. Sedangkan, 2016 nanti, direncanakan 300 buah tapping box akan dipasang di 300 WP lainnya. “Pemasangan alat tersebut untuk memantau transaksi yang terjadi. Sehingga, dapat menjadi referensi bagi Dispenda, sebagai data pembanding terkait dengan pembayaran pajak dari WP,”ungkapnya.

Bupati Gianyar Anak Agung Bharata mengatakan, pemberian reward terhadap WP merupakan bentuk apresiasi dan ungkapan terima kasih Pemkab Gianyar atas kerja sama pihak swasta dalam mendukung pembangunan dan berbagai program dari Pemkab Gianyar. Pasalnya, pajak yang masuk ke khas daerah sangat dibutuhkan oleh masyarakat miskin dalam menikmati program yang digagas pemerintah. Pelaksaan pajak online untuk meningkatkan PAD, sebagai sumber dana daera, juga mesti didukung secara penuh oleh WP.

“Pemasangan tapping box bukan dimaksudkan untuk intervensi terhadap transaksi usaha oleh WP. Namun, lebih karena tuntutan transparasi dalam pemungutan pajak. Sehingga, montoring dan evaluasi bisa lebih relevan. Disamping itu, akan memudahkan bagi WP dalam membuat laporan nantinya,”pungkasnya. (Humas Gianyar/Ari)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .