08 November 2011

Ratusan Anak Didik Ramaikan Gebyar PAUD Kab. Gianyar

Sebanyak 300 anak didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kabupaten Gianyar mengikuti acara Pawai/Karnaval Kreatifitas dan Aktifitas Anak-Anak Gebyar PAUD yang dibuka Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati di Balai Budaya Gianyar (8/11).
Akibat hujan deras acara pembukaan dan pawai yang sedianya dilaksanakan dengan mengambil start di depan Stage Terbuka Balai Budaya Gianyar dipindahkan ke lantai dua Gedung Balai Budaya Gianyar. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat dan keceriaan anak-anak Paud untuk menampilkan berbagai kreasi di hadapan penonton yang memadati Balai Budaya Gianyar. Tampak dengan penuh semangat anak-anak Paud memainkan drum band, tari rejang, fragmentari dan sebagainya.
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gianyar, Drs. I Gusti Ngurah Wijana menerangkan kegiatan berlangsung selama dua hari dari tanggal 8-9 September. Dalam Gebyar Paud menampilkan berbagai lomba dengan melibatkan 300 orang peserta didik, tenaga pendidik dan orang tua dari perwakilan masing-masing kecamatan. Adapun kegiatan yang dilombakan, Lomba Peserta Didik, meliputi, lomba Meronce, Fashion Show, Puzzle, memasukkan bola, membentuk dengan adonan tepung, gerak dan lagu. Sementara lomba untuk tenaga pendidik, meliputi lomba, mendongeng, membuat APE. Lomba untuk keluarga (anak bersama aorang tua) meliputi lomba, lari estafet dan menggambar.
Ngurah Wijana menerangkan melalui kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas kan arti penting dan peranan PAUD untuk melahirkan anak mandiri, cerdas, dan berbudi pekerti. Disamping melalui kegiatan ini diharapkan memotivasi para pengelola, tenaga pendidik, peserta didik dan orang tua untuk lebih meningkatkan aktifitas dan kreatifitasnya pada masing-masing lembaga PAUD.
Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menerangkan Pendidikan PAUD merupakan salah satu cara dan strategi pembangunan sumberdaya manusia yang sentral dan fundamental. Hal ini mengingat pada umur ini merupakan masa keemasan (golden age) bagi tumbuh kembang anak. Bupati juga mengapresiasi semenjak PAUD digulirkan sejak 2010 hingga 2011 di Kabupaten Gianyar telah terbentuk 231 lembaga PAUD yang terdiri dari Taman Kanak-Kanak 119 lembaga, Kelompok Bermain 100 lembaga, Taman Penitipan Anak 3 lembaga dan Satuan Paud sejenis 9 lembaga yang keberadaannya tersebar di seluruh kecamatan. Hal ini merupakan wujud nyata bentuk partisipasi masyarakat dalam membangun Kabupaten Gianyar guna mewujudkan cita-cita untuk membentuk SDM yang berkualitas.
Dalam acara pembukaan juga berlangsung acara pengukuhan Ny. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati sebagai Bunda Paud Kabupaten Gianyar.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .