23 April 2014

Rapat Paripurna Istimewa DPDR Gianyar

Kabupaten Gianyar melaksanakan Rapat Paripurna Istimewa dengan agenda penyampaian rekomendasi DPRD Gianyar terhadap LKPJ Bupati Gianyar tahun anggaran 2013, bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Gianyar, (22/4). Mekanisme LKPJ Kepala Daerah merupakan wahana untuk saling berbagi peran dalam menganalisis kondisi kinerja pemerintah daerah yang telah dilakukan sepanjang tahun anggaran berakhir, hal ini akan semakin mendorong tumbuhnya semangat obyektifitas dalam memotret kinerja pemerintah daerah yang dilandasi kemitraan untuk saling melengkapi dalam menterjemahkan kebutuhan dan aspirasi masyarakat.

Dalam rangka mempertahankan keberhasilan yang telah dicapai dan menyempurnakan pada tahun tahun mendatang, Wakil Ketua DPRD Gianyar Drs. I Made Togog, MSi dalam kesempatan etrsebut membacakan ada beberapa usul saran, catatan strategis berupa rekomendasi yang perlu mendapat perhatian dan tindak lanjut sebagai berikut :

1. Pendapatan Daerah

a.PAD Target : 1,18 triliun, Realisasi : 1,24 triliun (105,44%)

b.Dana Perimbangan Target : 263,26 miliar, realisasi ; 319,86 MILIAR (121,50%)

c.Lain Pendapatan Daerah yang sah target : 695,49 miliar, realisasi 690,81

Rekomendasi DPRD : Upayakan langkah langkah untuk meningkatkan pendapatan baik yang bersumber dari dana perimbangan, pendapatan asli daerah dan dari lain lain pendapatan daerah yang sah.

2. Belanja Daerah

Rencana : 1,32 triliun lebih, terealisasi : 1,19 triliun lebih (89,81%)

Rekomendasi DPRD

Target efisiensi belanja dengan cara membuat program dan kegiatan yang terukur sesuai dengan peraturan perundang undangan

3. Pembiayaan Daerah

Rencana : 148,74 miliar, realisasi : (100%)

4. Pengeluaran Pembiayaan

Rencana : 5,5 miliar, realisasi : (100%)

Rekomendasi DPRD :

Pengeluaran pembiayaan daerah agar disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah

5. Laju Pertumbuhan Ekonomi

Tahun 2012 = 6,79%, Tahun 2013 + 6,90%

Rekomendasi DPRD

Tingkatkan laju pertumbuhan ekonomi dengan memberdayakan ekonomi yang berbasis kerakyatan

6. PDRB Per Kapita

Tahun 2011 + Rp. 16,93 juta, Tahun 2012 +Rp. 18,70 juta, Tahun 2013 + Rp. 21,09 juta

Rekomendasi DPRD:

- Tingkat laju pertumbuhan ekonomi dengan memberdayakan ekonomi yang ebrbasis kerakyatan

- Tingkat PDRB perkapita dengan membuka lapangan kerja baru

 

7. Bidang Pendidikan

Pengadaan buku pendidikan yang diterima oleh 3 sekolah yaitu : SMPN 2 Gianyar, SMPN 1 Pejeng Kawan, dan TKN Pembina Gianyar belum dimanfaatkan senilai Rp. 62 juta lebih.

Rekomendasi DPRD :

Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga supaya lebih cermat membuat program kebutuhan barang dan jasa

8. Belanja Hibah

Evaluasi lapangan atas proposal hibah dari kelompok masyarakat perorangan tidak seluruhnya dapat direalisasikan dan diyakini pelaksanaannya

Rekomendasi DPRD :

Setiap realisasi bantuan belanja hibah harus dilengkapi dengan dokumentasi sesuai

dengan peraturan perundang undangan yang ebrlaku serta diperlukan kerja keras dari SKPD

terkait untuk secara serius menindaklanjuti setiap permohonan hibah masyarakat.

 

Untuk selanjutnya dari sekian banyak prestasi yang telah diraih oleh Pemerintah Gianyar yang merupakan keberhasilan yang telah dicapai, hasil pemeriksaan dari BPK RI Perwakilan Denpasar menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa kelemahan atau penyimpangan yang harus disempurnakan, diantaranya : Agar Bupati memerintahkan jajarannya agar menindaklanjuti hasil temuan BPK RI sesuai dengan arahan BPK RI Perwakilan Denpasar. SKPD yang dijadikan obyek pemeriksaan oleh BPK RI, kemudian menemukan beberapa kelemahan atau penyimpangan. Jikalau dalam kurun waktu yang ditentukan oleh Bupati kemudian Kepala SKPD yang ebrsangkutan tidak mampu melakukan penyempurnaan kelemahan atau penyimpangan, maka DPRD Kabupaten Gianyar merekomendasikan Bupati untuk mempertimbangkan posisinya sebagai Kepala SKPD. Yang menjadikan pemeriksaan BPK RI adalah Belanja daerah. Lewat sidang Paripurna DPRD mengusulkan agar semua penyelenggara pemerintahan bekerja keras untuk mewujudkan peformen pemerintah yang BAGUS, serta mampu meningkatkan opini hasil pemeriksaan penyelenggaraan pemerintah oleh BPK dari wajar dengan Pengecualian (WDP) ke Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Untuk mewujudkan hal tersebut peran Inspektorat agar dioptimalkan. Bupati agar segera mewujudkan system penatausahaan aset daerah sudah barang tentu sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku dan didukung oleh SDM yang mumpuni, seperti misal Asset Pemerintah Daerah Gianyar dirumah potong hewan Temesi yang merupakan pengadaan tanah Tahun Anggaran 2002.

Dalam sambutannya Bupati Gianyar menyampaikan apresisi dan terima kasih yang setulus tulusnya kepada segenap Anggota Dewan yang telah bekerja keras mencurahkan perhatian dan pikiran terhadap LPKJ Tahun Anggaran 2013. Dalam Rekomendasi yang telah ditetapkan, tercermin adanya berbagai kritik yang konstruktif, catatan – catatan , usul dan saran pemecahan amsalah yang dihadapi. Rekomendasi tersebut akan dijadikan sebagai bahan masukan serta akan diperhatikan dengan sungguh sungguh tegas Bupati Agung Bharata. Bupati juga mengungkapkan bahwa program dan kegiatan pembangunan yang telah dilaksankan dalam Tahun Anggaran 2013, belum sepenuhnya tercapai. Karena ada beberapa program baru yang dibuat dan tentunya memerlukan waktu untuk menuntaskannya. Tantangan yang akan dihadapi dalam pelaksanaan pembangunan ke depan tentunya ada, Namun harus tetap optimis dan yakin untuk melaksanakan dengan sukses pembangunan tersebut. Keberhasilan pelaksanaan pembangunan hanya akan dapat terwujud apabila terjalin hubungan kerjasama yang harmonis antara eksekutif dan legeslatif adanya loyalitas dari aparatur pemerintah, serta adanya partisipasi aktif segenap komponen masyarakat. (Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .