12 November 2014

Rangkaian Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke - 50

Pemkab. Gianyar melalui Dinas Kesehatan dan jajaran kesehatan di Kabupaten Gianyar menggelar bakti sosial berupa pengobatan gratis dan pemberian bantuan sembako ke warga kurang mampu di Jaba Pura Bukit, Lingkungan Roban, Kelurahan Bitera, (11/11). Kegiatan tersebut merupakan serangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke – 50 Tahun 2014, sebagai wujud kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan. 

Ketua Panitia Kegiatan, dr. Kadek Suryawan, M.Kes mengatakan, kegiatan bakti sosial tersebut terselenggara atas kerjasama Pemkab. Gianyar dengan jajaran kesehatan baik negeri maupun swasta. Kegiatan bakti sosial tersebut berupa pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan gigi serta donor darah.  Pada kesempatan itu juga diserahkan bantuan sembako kepada 7 warga kurang mampu di Kelurahan Bitera.

Suryawan menambahkan, selain kegiatan bakti sosial tersebut beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka peringatan HKN tahun ini yakni, kegiatan perlombaan olahraga bulu tangkis, tirta yatra serta seminar ilmiah dengan tema “Obesitas dan Permasalahannya”.  Sedangkan, pada puncak peringatan nanti, (15/11), di GOR Ciung Wenara Gianyar juga akan dilaksanakan Final Pemilihan Jegeg Bagus Duta Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, Ida Ayu Cahyani Widyawati mengatakan, kegiatan bakti sosial serangkain peringatan HKN tahun ini merupakan tindakan nyata dari Pemkab. Gianyar beserta jajaran kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang kesehatan. Hal itu sejalan dengan tema peringatan HKN tahun ini, yakni “Sehat Bangsaku Sehat Negeriku”, dimana untuk mewujudkan hal tersebut membutuhkan komitmen semua pihak, baik dari jajaran kesehatan maupun seluruh komponen masyarakat. Kegiatan bakti sosial ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh jajaran kesehatan di Kabupaten Gianyar.  “Tidak hanya sehat secara jasmani maupun rohani, tetapi juga sehat secara sosial dan produktifitas. Hal ini akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” terang I A Cahyani.

Ditambahkan, I A Cahyani, upaya Pemkab. Gianyar dalam mewujudkan peningkatan kesehatan masyarakat telah dituangkan dalam berbagai kebijakan. Salah satunya, program Gianyar menuju Kabupaten Layak Anak (KLA) yang disertai dengan penetapan perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Kebijkan Pemkab. Gianyar tersebut juga telah didukung dengan berbagai langkah kebijakan lain khususnya di bidang kesehatan, antara lain perbaikan terhadap beberapa Puskesmas Pembantu (Pustu), baik fisik, alat – alat medis maupun penambahan tenaga medis. Untuk tahun ini, 8 Pustu sedang dalam proses perbaikan karena mengalami rusak berat dan ringan.

“Enam Pustu lain yang juga mengalami rusak berat dan ringan akan menjadi program prioritas di tahun 2015. Hal ini tentu untuk memberikan pelayanan prima yang cepat dan terjangkau kepada masyarakat,” tambah I. A. Cahyani.  (Humas Gianyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .