17 March 2011

Rakerda Kependudukan dan KB Kabupaten Gianyar

Berdasarkan hasil sensus penduduk, jumlah penduduk Kabupaten Gianyar tahun 2010 sebesar 470.380 jiwa. Jumlah penduduk Kabupaten Gianyar 10 tahun terakhir terjadi peningkatan  sebesar 77.225 jiwa dari tahun 2000 sebesar 393.155 jiwa.

Dalam rangka pengendalian laju pertumbuhan penduduk, Pemerintah Kabupaten Gianyar menggalakkan program KB. Hal tersebut diungkapkan Asisten I Setda Kabupaten Gianyar, I Made Mertha Adhiatmaja pada acara Pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana Kabupaten Gianyar di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar (17/03).

Lebih lanjut, Made Mertha menjelaskan dalam mensukseskan program KB diperlukan Rakerda Pembangunan Kependudukan dan KB untuk penyusunan program dan kegiatan secara terpadu dan holistic serta cermat dalam membuat kebijakan, strategi dan program.

Ditambahkan, dalam mensukseskan program KB, tidak hanya perempuan yang manjadi sasaran, namun menyasar pada peranan laki-laki seperti; penggunaan kontrasepsi pada pria (vasektomi dan kondom) serta dukungan suami kepada istri untuk ber-KB. Selain itu peranan dari tokoh-tokoh masyarakat juga diperlukan untuk bersama-sama memberikan dukungan dan mensosialisasikan KB sehingga program dapat berjalan maksimal.

Made Mertha berharap kedepan laju pertumbuhan penduduk dapat dapat diatasi dan prestasi Kabupaten Gianyar dalam program KB dapat ditingkatkan hingga tingkat nasional.

Dalam sambutannya Kepala BKKBN Provinsi Bali, I Wayan Sundra, menjelaskan Kontrak Kinerja Provinsi (KKP) tahun 2010 yang dijabarkan dalam komitmen kinerja program dimasing-masing kabupaten/kota telah berjalan sesuai harapan, ditingkat nasional, Provinsi Bali masuk kategori baik, bahkan dalam proporsi pencapaian peserta baru MKJP menduduki urutan teratas.

Lebih lanjut, I Wayan Sudra, mengapresiasi kontribusi pemerintah Gianyar terhadap suksesnya program KB dengan mengadakan mobil KB keliling. Pihaknya akan mendukung langkah-langkah yang diambil dari rakerda secara operasional sampai kelapangan.

Dalam laporannya Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, I Made Chandra Yuni, menjelaskan bahwa tema Rakerda kali ini adalah “Dengan Hasil Sensus Penduduk Tahun 2010 Kita Mantapkan Komitmen Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencanan Nasional. ”  Rakerda Diikuti oleh 120 peserta dari TNI dan Instansi terkait,  selama satu hari, tanggal 17/03.

Lebih lanjut, Tujuan dari Rakerda adalah untuk mewujudkan komitmen kebijakan, strategi dan langkah operasional untuk memenuhi sasaran RKP 2011 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2010-2014 Pembanguan Kependudukan dan Keluarga Berencana di Kabupaten Gianyar.

Dalam kesempatan tersebut juga ditandatangai komitmen kinerja program, antara Kepala Badan PP&KB dengan Camat se-Kabupaten Gianyar.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .