15 May 2015

Putus Rantai Kekerasan Anak, Pemkab. Gianyar Undang Arist Merdeka Sirait

Upaya Pemerintah Kabupaten Gianyar dalam melindungi anak dari tindak kekerasan tidak pernah surut. Selain mendeklarasikan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) dengan berbagai terobosannya, Pemkab melalui Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) mendatangkan Ketua Komnas  Perlindungan Anak (Komnas PA)  Arist Merdeka Sirait. Kedatangan Arist ke Kabupaten Gianyar untuk kedua kalinya ini khusus untuk memberikan materi  dalam sebuah talk show tentang bagaimana memotong rantai kekerasan pada anak dalam dunia pendidikan guna mewujudkan Gianyar menuju KLA di Balai Budaya Gianyar, (13/5).

Memotong rantai kekerasan pada anak tidaklah semudah membalik telapak tangan, yang utama harus dilakukan adalah mengubah paradigma para orang tua dalam mendidik anak. Jangan biasakan mendidik anak dengan cara kekerasan, baik itu fisik maupun verbal karena apa yang anak dapat sejak kecil itu akan membekas hingga dia dewasa kelak.

“ Jika bisa tanpa kekerasan, kenapa harus dengan kekerasan,” tegas Arist Merdeka Sirait.

Ditambahkan, berdasarkan data di Pusdatin Komnas Anak jumlah  kekerasan terhadap anak cukup fantastis. Dari tahun 2010-2014 terdapat 21.689.797 kasus kekerasan di 34 provinsi dan 179 kabupaten/kota se-Indonesia.  bahkan di Bali terjadi peningkatan jumlah kasus kekerasan terhadap anak. Dari 40 kasus di tahun 2014 meningkat  menjadi 108 kasus hingga awal Mei 2015 ini.  Sebaran kasus ini tidak hanya terpusat di kota-kota besar saja, namun sudah mencapai hingga pelosok desa.

Menurut Arist, selama ini yang menjadi tempat teratas penyebab terjadinya kekerasan fisik maupun seksual pada anak adalah makin merajalelanya tayangan TV yang mengandung unsur kekerasan maupun pornografi.  Hal ini juga yang menjadi pertanyaan salah satu peserta talk show, Putu Cemerlang Santi Yuda dari unsur Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Gianyar. sebagai generasi muda ia sangat khawatir dengan makin banyak tanyangan TV yang menurutnya sangat tidak mendidik, ia ingin mengetahui apa saja yang telah dilakukan pihak Komnas Perlindungan Anak untuk mengantisipasi hal tersebut.

Menanggapi hal itu, Arist selaku Ketua Komnas Perlindungan Anak sudah melakukan beberapa langkah penting salah satunya adalah mengamandemen UU Penyiaran, agar Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) lebih ketat dan bijaksana dalam mengawasi tayangan di TV. Tidak membiarkan tayangan yang mengandung unsur kekerasan dan seksual sampai lolos tayang di televisi.

Selain itu pihaknya juga telah mendesak pemerintah pusat dan daerah untuk melakukan deteksi dini terhadap pelanggaran terhadap anak dengan menguatkan kelembagaan perlindungan anak, pembuatan sistem pendataan dan sistem manajemen perlindungan anak serta membangun sistem rujukan nasional perlindungan anak korban kekerasan.

Sementara itu Bupati Gianyar A.A. Gde Agung Bharata mengatakan meskipun pemerintah daerah sudah melakukan berbagai upaya dalam memberikan perlindungan terhadap anak, namun jika tidak didukung berbagai pihak tidak akan pernah berhasil. Memberikan perlindungan pada anak, haruslah dilakukan secara bersama-sama dan berkesinambungan. Untuk itulah ia sangat berharap, peserta yang hadir yang terdiri dari siswa SMA, Kepala sekolah dan para guru mulai dari PAUD,TK hingga SMA dapat memanfaatkan moment bertemu dengan Komnas PA Arist Merdeka Sirait.

“ Memberikan perlindungan pada anak bukanlah sekedar trend atau mode saja, semangat sesaat kemudian menghilang. Namun harus dijadikan sesuatu kewajiban,” kata Bupati Gianyar Agung Bharata.

Pada kesempata itu Bupati Agung Bharata juga mengatakan Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait merupakan tamu kehormatan bagi masyarakat Gianyar, agar semangat Arist yang teguh memperjuangkan perlindungan terhadap anak menjadi inspirasi bagi masyarakat di Gianyar. Bupati Agung Bharata juga memberikan support atau semangat pada salah satu korban KDRT agar tetap tegar menjalani masa depannya. Selain Arist Merdeka Sirait, hadir sebagai nara sumber DR. A.A Ngurah Rusmini Gorda. Turut hadir Sekda Kab. Gianyar I.B Gaga Adi Saputra, Ka. BPPKB I.A Putu Sri Ambari, dan para praktisi pemerhati anak di kabupaten Gianyar. (Humas Gianyar/Eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .