16 November 2015

Puncak Peringatan HKN, Desa Celuk dan Desa Petulu Dicanangkan Sebagai Desa ODF

Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke – 51 di Kabupaten Gianyar dilaksanakan dengan cukup meriah. Kegiatan diawali dengan kegiatan jalan santai berhadiah di Lapangan Astina, Gianyar yang diikuti oleh seluruh tenaga kesehatan di Kabupaten Gianyar. Sementara puncak peringatannya dilaksanakan  di Balai Budaya, (14/11).

Pada puncak peringatan HKN tersebut juga dilaksanakan pencanangan Desa Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan yang ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan kepada Desa Petulu dan Desa Celuk. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piala kepada pemenang lomba serangkaian peringatan HKN ke – 51 Tahun 2015 di Kabupaten Gianyar.

Bupati Gianyar yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan, I. A. Cahyani mengatakan, peringatan HKN ke – 51 tahun 2015 menjadi momentum bagi kita semua dalam memaknai arti penting menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Mengingat kesehatan menjadi modal utama bagi kita dalam meneruskan pembangunan demi terwujudnya kesejahteraan bersama. Peringatan HKN juga menjadi bahan evaluasi untuk memaksimalkan kinerja pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Peringatan HKN bukan kegiatan seremonial belaka, namun terpenting adalah untuk mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga diri, keluarga serta lingkungan agar terhindar dari wabah penyakit.

“Saya minta kepada jajaran kesehatan agar senantiasa memberikan perhatian serius dan bekerja keras untuk dapat mencegah dan menghindarkan warga kita dari bahaya yang dapat mengancam keselamatan kita bersama,” tegas I. A. Cahyani.

Ketua Panitia HKN Kabupaten Gianyar, Anak Agung Gede Suputra mengatakan, tema HKN ke – 51 Tahun 2015 “Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri”. Peringatan HKN bertujuan untuk mengingatkan atau mempertebal ingatan sebagai insan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat serta mempererat hubungan diantara petugas kesehatan. Kegiatan serangkaian memperingati HKN di Kabupaten Gianyar dilaksanakan dari tanggal 16 Oktober s/d 14 November 2015. Rangkaian kegiatan diisi dengan tirta yatra ke Pura Silayukti, lomba cerdas cermat tingkat SMA/SMK, lomba poster kesehatan tingkat SD, pertandingan olahraga, seminar, kunjungan ke penderita gizi buruk, dan ke panti asuhan penyandang disabilitas, pemeriksaan IVA dan krayo sebanyak 600 orang di seluruh Kabupaten Gianyar.

Pada puncak peringatan HKN juga dirangkaikan dengan Pencanangan Desa ODF yakni Desa Celuk dan Desa Petulu. Program tersebut merupakan upaya untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang ari besar di sungai. Desa Celuk dan Desa Petulu sebagai pilot proyek pertama telah secara keseluruhan warganya telah mempunyai kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan sungai dengan tidak membuang air besar di sungai.

“Sebelumnya kami juga laksnakan program pemicuan di desa setempat. Yakni menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tidak buang air besar di sungai dengan menekankan pada akses penggunaan WC,” terang A. A. Gede Suputra.  

Ditambahkan Agung Suputra, penetapan Desa Celuk dan Desa Petulu sebagai Desa ODF telah melalui verifikasi dari Tim Dinas Kesehatan. Sejak sebulan, Tim turun ke lapangan untuk melakukan pembinaan dan sosialisasi terkait Program Stop Buang Air Besar Sembarangan. Dari hasil verifikasi lapangan tersebut, warga Desa Celuk dan Petulu telah mempunyai kesadaran untuk tetap menjaga kesehatan lingkungan sungai dengan tidak buang air besar sembarangan lagi. (Humas Gianyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .