15 December 2010

Puncak Penanaman Satu Milyar Pohon di Kabupaten Gianyar

Puncak acara penanaman satu milyar pohon untuk dunia di Kabupaten Gianyar di laksanakan di Banjar Alas Pujung, Desa Taro Tegalallang (14/12).

Kegiatan penanaman kali ini, bekerjasama dengan BRI Cabang Gianyar serangkain Hut ke-115. Sebanyak 6.150 batang pohon, jenis Gmelina, Trembesi, Durian, Nangka dan Pinang dilakukan secara simbolis oleh Bupati, Wakil, Sekda, Wapinwil BRI Denpasar, BRI Gianyar, pejabat di Lingkungan Pemkab Gianyar dan masyarakat Desa Taro.

Ketua Panitia, Cokorda Gde Putra Nindia, sejak dimulai tanggal 1 Februari 2010 hingga Nopember 2010 kegiatan satu milyar pohon di Kabupaten Gianyar telah tertanam sebanyak 62.600 batang pohon yang kesemuanya berada di luar kawasan hutan. Adapun jenis yang telah ditanam berupa Albezia, Gmelina, Durian, Mangga, Nangka, Pinang, Rambutan, Sawo, Klengkeng, Ketapang dan Bambu. Selain kegiatan penanaman juga dilakukan penyerahan secara simbolis bibit tanaman kehutanan dan Multy Purpuse Tree Species (MPTS) untuk bantuan masyarakat.

Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menyampaikan, puncak kegiatan penanaman satu milyar pohon di Kabupaten Gianyar dilaksanakan Br. Alas Pujung, Desa Taro Tegalalang. Mengingat Desa Taro merupakan bagian dari Zona Gianyar Utara sebagai kawasan/daerah konservasi air, pengembangan agrowisata dan culture haritage. Dengan kegiatan penghijauan ini diharapan dapat menjadi kawasan ini sebagai kawasan resapan air, pelestarian lingkungan dan memiliki manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat sekitar. Disamping itu juga, dapat mencegah bencana banjir, longsor dan kekeringan di Wilayah Gianyar. Selain itu kawasan ini juga memiliki nilai historis yang tinggi dimana pada abad ke-IX, Rsi Markandya membuka kawasan hutan ini, sebagai lahan pertanian dan cikal bakal lahirnya subak di Bali. Dengan kegiatan penghijauan ini diharapkan makin melestarikan kawasan, sekaligus cikal bakal dari napak tilas perjalanan Rsi Markandya.

Sementara itu, Wakil Pimpinan Wilayah BRI Denpasar, Bambang Widjanarko menerangkan keterlibatan BRI dalam penghijauan, sebagai bentuk kegiatan peduli lingkungan dan mensukseskan gerakan satu milyar pohon, yang dirangkai dengan Hut BRI ke-115. Dimana selain kegiatan penghijauan juga dilakukan beberbagai kegiatan sosial lainnya.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .