29 December 2011

Posyandu Paripurna ditutup

Posyandu Paripuna yang di gelar di Banjar Umahanyar Desa Pejeng Kaja Tampak Siring ditutup dengan hasil menggembirakan. Terjadi peningkatan derajat kesehatan baik bagi Balita maupun Lansia. Hal tersebut diungkap Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati saat Penutupan Posyandu Paripurna dan Lansia Kabupaten Gianyar di Banjar Umahanyar Desa Pejeng Kaja Tampaksiring (29/12).

Penutupan diisi dengan penyerahan hadiah lomba penyuluhan PMT yang diikuti oleh wakil dari puskesmas se Kabupaten Gianyar. Tampak hadir Pula Anggota DPRD Kabupaten Gianyar, Muspida Kabupaten Gianyar dan beberapa pejabat terkait di Lingkungan Pemkab. Gianyar. Penyambutan diisi tari-tarian dan Senam Lansia.

Lebih lanjut Ny. Tjok Ace menjelaskan Dari tiga bulan pelaksanaan Posyandu Paripurna di Dusun Umahanyar, diikuti oleh 31 balita, 2 ibu hamil dan 30 Lansia tampak hasil nyatanya melalui peningkatan secara langsung dari; jumlah Balita yang berat badannya naik sebanyak 28 orang, sedangkan 1 Balita yang sebelumnya mangalami gizi buruk sekarang tergolong gizi baik. Para Lansia yang menjalani program Posyandu Paripurna juga lebih bugar dan meningkatkan usia harapan hidup mereka.

Ditambahkan bahwa Posyandu bertujuan membantu meningkatkan berat badan Balita kurang gizi ke arah berat badan seimbang melalui PMT. Selain itu juga meningkatkan derajat kesehatan Lansia yang secara kodrat mengalami kemunduran fisik, biolagi, mental dan sosial.

Kegiatan Posyandu Paripurna berlangsung selama 90 hari mulai tanggal 26/09 hingga 29/12 dilakukan kegiatan penimbangan Balita, penyuluhan kesehatan, pemeriksaan dan pengobatan gratis pemberian paket PMT, penyuluhan dan pembinaan. Khusus untuk para Lansia sekali seminggu diselenggarakan senam kesegaran jasmani dengan tujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, Pande Putu Wirbuana, menjelaskan kegiatan Posyandu Paripurna seiring dengan pelaksanaan program Pemerintah Kabupaten Gianyar dalam meningkatkan pembangunan di bidang kesehatan yaitu mewujudkan sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas.

Labih lanjut dikatakan, melalui posyandu yang memberikan pembinaan dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani Balita, maka potensi dasar yang dimiliki Balita akan berkembang secara optimal sebagai cikal bakal SDM yang sehat dan berkualitas guna menyiapkan anak menjadi lebih baik/baik. Pande Putu Wirbuanan juga mengucapkan selamat karena pelaksanaan Posyandu Paripurna telah berhasil.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .