12 April 2016

Porsenijar dan Kegiatan HUT Kota Gianyar Dibuka

Wakil Bupati Gianyar I Made Mahayastra, (11/4), membuka Pekan Olahraga Seni dan Pelajar (Porsenijar) Kabupaten Gianyar Tahun 2016, sekaligus pembukaan rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-245 Kota Gianyar di lapangan Astina, Gianyar.

Porsenijar yang bertema  “Melalui Porsenijar  Kabupaten Gianyar Tahun 2016 Kita Wujudkan Revolusi Mental Melalui Bali Mandara”, dilaksanakan mulai 11 – 18 April 2016 bertempat di lapangan Astina Raya Gianyar serta beberapa lapangan lainnya.

Pembukaan dengan pelepasan burung dan balon ke udara ini, diawali dengan senam massal “Gemu Pamire” dari 1.000 siswa SMA/SMK. Selanjutnya defile kontingen masing-masing kecamatan dengan atraksi marching band dari SMA Negeri 1 Tegalallang dan SMP PGRI Gianyar 3 Ubud, lanjut pembukaan pameran pertanian, dagang dan industri.

Ketua panitia Cokorda Rai Widiarsa P.  melaporkan, cabang olahraga yang dipertandingkan pada Porsenijar yakni atletik, bola voli, basket, catur, tenis lapangan, tenis meja, renang, sepak bola, bulu tangkis, sepak takraw, judo, pencak silat, taekwondo, karate, criket dan tarung derajt. Sedangkan bidang seni yang dilombakan yakni seni tari, seni lukis, menyalin huruf latin ke aksara Bali, mesatwa, mepidarta, darmawecana, mecepat, mekidung dan mekekawin.

Sementara peringatan  Hari Jadi ke-245 Kota Gianyar mengambil tema “Inspirasi Bunga dan Buah Nusantara” dilaksanakan mulai 1 – 14 April 2016 dengan beberapa kegiatan diantaranya pertunjukan seni, pawai budaya, beberapa lomba seperti lomba penjor, merangkai buah, mengukir buah, pameran bonsai yang diikuti penggemar bonsai seluruh Indonesia. Kegiatan di bidang ekonomi berupa pameran, di bidang pertanian berupa pameran hasil pertanian serta kegiatan seminar dan sarasehan.

Wabup Mahayastra  mengatakan, berbagai lomba dan kegiatan yang dilaksanakan serangkaian Porsenijar, dan hari jadi Kota Gianyar hendaknya tidak dimaknai sebagai kegiatan seremonial semata. Namun sebagai upaya bersama untuk  meningkatkan rasa kebersamaan, rasa memiliki, serta menumbuhkan sikap dan rasa cinta untuk membawa pembangunan Gianyar kearah lebih baik.         

Dipilihnya tema inspirasi bunga dan buah nusantara pada HUT Kota Gianyar, agar  menjadi inspirasi bersama mengembangkan potensi bunga dan buah lokal sebagai daya tarik Gianyar, demi kesejahteraan masyarakat Gianyar.

“Gianyar kaya akan tanaman bunga dan buah, melalui kegiatan ini kita  bangkitkan untuk kesejahteraan masyarakat,” tegas Mahayastra. (Humas Gianyar/NGR WW)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .