30 December 2014

Poppy Dharsono Berbagi Kiat Industri Kreatif di SMAN 1 Gianyar

Sebelum memasuki  dunia industri kreatif, pelaku  harus mampu melihat pangsa pasar. Industri harus mempunyai produk yang inovatif sehingga mampu memikat para konsumen. Hal ini ditekankan oleh desainer Poppy Dharsono saat memberikan motivasi pada para siswa di SMAN 1 Gianyar, (29/12).

Kedatangan Poppy Dharsono ke Gianyar tak lepas dari peran serta Pemkab. Gianyar yang ingin mengembangkan potensi generasi muda,  terutama di bidang industri. Pada kesempatan itu, Poppy yang didamping Kadis Perindag Kabupaten Gianyar, Ir. I Wayan Suamba dan desainer Bintang Mira, banyak memberikan kiat-kiat bagaimana jika akan memulai suatu usaha baru.

“Di Bali, bergerak di bidang industry kreatif seperti kerajinan jauh lebih mudah dibandingkan di daerah lain. Bali sudah memiliki nilai entrepreneurship di mata konsumen baik itu dalam maupun luar negeri,” kata Poppy Dharsono.

Ditegaskan juga, memulai suatu usaha itu terlebih dahulu harus ada tujuan mau dibawa kemana produk yang akan kita buat, mau bergerak di bidang apa, apakah di bidang jasa, industri kerajinan atau bidang lainnya. seperti desainer misalnya, harus khusus mendesain pakaian apa, agar kita punya spesifikasi atau ciri khas  dibanding desainer lainnya.

Tujuan utama kedatangan Poppy ke SMAN 1 Gianyar, selain memberikan kiat-kiat menuju industry kreatif adalah keinginannya untuk mengajak siswa SMAN 1 Gianyar untuk lebih mengenali potensi yang ada pada diri mereka. Jika mereka mempunyai bakat, harus dikembangkan dan disalurkan sejak dini.

“ Bakat bisa dikembang menjadi pegangan hidup kelak, yang penting harus diasah dan disalurkan, tambah Poppy memberi semangat.

Citra Pratiwi salah satu anggota OSIS SMAN 1 Gianyar mengaku sangat bersyukur dengan kedatangan Poppy ini. Ini membuka wawasan dirinya dan mungkin teman-teman lainnya, yang selama ini hanya berfikir masa depannya nanti hanya bercita-cita menjadi seorang PNS, dokter dan lain sejenisnya. Menjadi seorang pengusaha juga sangat menarik dan menjanjikan, bisa juga membuka lapangan kerja bagi orang lain.

Sementara itu Kadis Perindag, Ir. Wayan Suamba menambahkan, Pemerintah Kabupaten Gianyar akan selalu membantu perkembangan industry kerajinan di Gianyar. Apalagi, ekonomi industry tidak bisa dipisahkan dari geliat pariwisata yang memang menjadi andalan di Kabupaten Gianyar. (Humas Gianyar/eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .