09 June 2015

Pokdarwis Desa Mas, Diharapkan Berperan Gairahkan Pariwisata

Pokdarwis Desa Mas, Diharapkan Berperan Gairahkan Pariwisata

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) memiliki peran penting dalam pembangunan kepariwisataan. Kelompok ini diharapkan mampu menjadi mitra pemerintah dalam menggairahkan kepariwisataan Gianyar dan Bali umumnya, khususnya dalam penerapan sapta pesona.

Hal ini diungkapkan Tim Penilai Lomba Kelompok Sadar Wisata Propinsi Bali, Ketut Nuriani  saat memimpin penilaian  Pokdarwis Desa Mas, Ubud, sebagai duta Kabupaten Gianyar tahun 2015, (8/6) di Kantor Desa Mas.

Dikatakan, penilaian Pokdarwis bukan semata-mata untuk mencari juara untuk mewakili Bali pada ajang serupa di tingkat nasional. Namun lebih ditekankan sejauh mana Pokdarwis mampu mengambil peran dalam menggairahkan kepariwisataan disuatu daerah.

“Melalui lomba ini diharapkan bisa  mewujudkan pengelolaan objek wisata yang profesional, baik dalam bidang administrasi, sumber daya manusia, fisik dan aktifitasnya. Empat bidang tersebut menjadi fokus penilaian lomba Pokdarwis,” terangnya.

Sementara Perbekel Desa Mas I Wayan Gede Darmayuda mengungkapkan, untuk menumbuhkan dan meningkatkan  kesadaran masyarakat di bidang pariwisata dan penerapan Sapta Pesona pada khususnya, keberadaan Pokdarwis sangat diperlukan. Diharapkan  masyarakat berperan  serta menggali potensi wisata yang ada di Desa Mas.

Desa Mas menjadi salah satu desa tujuan wisata di kecamatan Ubud, dengan kekayaan seni dan budaya yang dimiliki. Desa Mas terkenal dengan kerajinan seni pahat patung dan topeng yang dikenal sejak lama oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Kepala Dinas  Pariwisata A.A. Ari Brahmanta di tempat terpisah mengatakan,  Pokdarwis yang terbentuk  diharapkan makin aktif dan semangat melakukan kegiatan dalam upaya meningkatkan pembangunan pariwisata. Melalui lomba juga  menjadi motivasi yang efektif dalam meningkatkan peran serta masyarakat dalam mengimplementasikan sapta pesona. (Humas Gianyar/NGR WW)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .