09 May 2015

PMI Gianyar Targetkan 6.000 Donor di Tahun 2015

Tahun 2015, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gianyar targetkan peningkatan pelayanan responsif yang cepat dalam  hal transfusi darah, dengan memberi kualitas darah yang terbaik bagi korban yang membutuhkan pertolongan.

Ketua PMI Kabupaten Gianyar dr. Ni Putu Sudiartini menegaskan hal tersebut,saat ditemui selepas acara pembukaan musyawarah kerja Kabupaten (MUKERKAB) PMI Kabupaten Gianyar Tahun 2015 di Aula Pertemuan Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar, (8/5).

Dr. Sudiartini mengatakan, pihaknya menargetkan 6.000 donor pada tahun 2015. Untuk memfasilitasi target tersebut, dia akan berupaya meningkatkan rekruitmen donor darah sukarela secara rutin kepada instansi pemerintah/swasta, hotel, sekolah dan lainnya.”Kami akan berusaha menjadikan kegiatan donor darah sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat,”terangnya.

Dia menjelaskan, untuk memastikan keamanan darah, diperlukan uji saring darah terhadap penyakit infeksi menular lewat transfuse darah (IMLTD) dengan metode Nucleic Acid Amplification Yechnology (NAT) Enxyme Linked Immunosorbent Assay (ELISA).”Penerapan prosedur yang lebih ketat pada mobile Unit, untuk menyaring pendonor cekal dan donor resiko tinggi,”terang dia.

Kualitas darah, lanjut dia, akan ditingkatkan dengan berbagai cara, diantaranya peningkatan standarisasi peralatan, terutama penyimpanan darah dan transportasi, melakukan kalibrasi peralatan dan control kualitas produk darah secara periodic, selalu mengevaluasi dan update prosedur kerja standar, dan terakhit rencana pendapatan akan ditingkatkan, dari realisasi tahun 2014 sebesar Rp 1.633.944.808 menjadi Rp. 2.160.000.000.

Lebih lanjut Dr. Sudiartini mengatakan, terlepas dari pencapaian – pencapaian yang telah berhasil dilaksanakan selama tahun 2014, masih banyak yang belum bisa mencakup seluruh keinginan dari masyarakat. Hal itu disebabkan oleh minimnya tenaga lapangan, dan masalah keterbatasan dana yang berdampak terhadap kurang maksimalnya pemberian bantuan, setiap ada bencana di Kabupaten Gianyar.”Hal itu jadi evaluasi kami untuk berbenah pada tahun 2015,”katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar Ida Ayu Cahyani mengatakan, peran PMI sebagai organisasi sosial kemanusiaan di Indonesia, sangat membantu pemerintah dalam setiap program yang menyentuh masyarakat. Untuk itu, sudah selayaknya Pemkab dapat memberi dukungan, motivasi, dan kontrol atas segala kegiatan dari PMI Kabupaten Gianyar.

“Pemkab senantiasa akan memberikan dukungan dan bantuan, dalam bentuk apapun, yang sekiranya bersinergi dengan kegiatan PMI Kabupaten Gianyar. Pendanaan yang cukup dan dukungan sarana pra sarana akan  kami maksimalkan, guna mengawal setiap program yang dilaksanakan PMI,”jelasnya.

Dalam MUKERKAB tersebut,juga dilaksanakan pelantikan pejabat struktural Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Gianyar dengan masa bakti 2015-2020. MUKERKAB diikuti 35 orang, terdiri atas pengurus PMI Kabupaten Gianyar (10 orang), utusan pengurus PMI Kecamatan (21 orang), utusan Forum Relawan PMI Gianyar (3 orang), serta 1 orang dari utusan Forum Pembina PMI. (Humas Gianyar/Ari)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .