24 June 2019

PKK se Kabupaten Gianyar Ikuti Pemantapan 10 Program Pokok PKK

Sekitar 569 orang pengurus TP-PKK Desa Dan kelurahan, TP-PKK Kecamatan dan TP-PKK kabupaten se-Kabupaten Gianyar mengikuti pelatihan 10 program pokok PKK. Pelatihan yang bertujuan  menyamakan persepsi dan meningkatkan pengetahuan dalam pengelolaan kegiatan Pokja I,II,III,IV di bidang administrasi maupun kegiatan unggulan, dibuka oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Seta Kab. Gianyar, I Wayan Suardana, di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar,(24/6).

Acara pembukaan juga dihadiri oleh Sekretaris TP-PKK Provinsi Bali Ny. Kadek Suastini, Ketua TP-PKK Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra, Wakil Ketua I TP-PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Diana Dewi Agung Mayun, dan beberapa Kepala OPD terkait di Lingk. Pemkab. Gianyar.

Pada kesempatan tersebut, Ketua TP-PKK Kab. Gianyar Ny. Adnyani Mahayastra menekankan pada seluruh peserta pelatihan ada beberapa kegiatan rutin PKK yang sudah kita lakukan, diharapkan agar sudah dianggarkan di desa. Apalagi musrenbang desa sedang berlangsung, diharapkan agar para pengurus PKK desa tetap mengawal hasil musrenbang tersebut. Ditekankan juga pada semua pengurus TP-PKK desa yang hadir sebanyak 70 Desa/kelurahan se-Kabupaten Gianyar dapat saling berkoordinasi atau menyampaikan beberapa hal tentang apa yang harus mereka anggarkan di anggaran desa.

“ Untuk setiap kegiatan rutin PKK di desa harus harus kita anggarkan mulai sekarang di musrenbang desa, sehingga tidak ada lagi alasan tidak melaksanakan kegiatan karena belum dianggarkan atau tidak dianggarkan”, tegas Ny. Adnyani Mahayastra.

Istri Bupati Gianyar, Made Mahayastra ini juga menyampaikan beberapa hal tentang program dari TP-PKK Provinsi Bali yang sudah berjalan seperti Hatinya PKK. Hatinya PKK melalui program Puspa Aman sudah diluncurkan beberapa waktu lalu , dimana prpgram ini lebih pada memberdayakan masyarakat di masing-masing desa. Bahkan sudah ada himbauan dari Bupati Gianyar untuk pelaksanaan Hatinya PKK dalam hal ini Puspa Aman untuk menganggarkan di masing-masing anggaran desa.

 Sedangkan untuk Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) menurut Ny. Adnyani Mahayastra diharapkan tidak menunggu saat adanya lomba saja, namun harus memberdayakan para kader PAAR yang sudah ada di masing-masing desa.

 “Untuk PAAR,  Desa Sukawati kecamatan Sukawati beberapa waktu lalu diverifikasi tim TP-PKK Pusat terkait lomba PAAR dengan penuh cinta dan kasih sayang tingkat nasional,” kata Ny. Adnyani Mahayastra bangga.

Sedangkan untuk Pokja II tentang UP2K potensi yang ada di Kabupaten Gianyar sangat besar. Hanya saja kita harus bisa memberikan pemahaman bahwa UP2K itu tidak berdiri sendiri karena bisa ratusan jumlahnya, namun harus berkelompok agar lebih mudah dalam pembinaan. Untuk Pokja IV terkait IVA Tes TP-PKK Kab. Gianyar sudah berkejja sama dengan dinas/instansi terkait dalam hal ini Dians Kesehatan.

Sementara itu, Asisten 1 Setda Gianyar, I Wayan Suardana menyambut baik dilaksanakan pelatihan 10 Program Pokok PKK tahun 2019, pelatihan seperti ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan speran serta PKK dalam pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. 

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .