08 January 2015

PKK Batubulan Tunjukkan Simulasi KDRT

PKK Desa Batubulan, Sukawati, Gianyar rupanya mempunyai jurus jitu untuk menyampaikan berbagai program PKK sehingga bisa dipahami seluruh anggota PKK baik tingkat desa hingga banjar. Salah satu cara yang dilakukan dengan melaksanakan permainan simulasi. Hal ini diperagakan ibu-ibu PKK Desa Batubulan saat penilaian Lomba Hari Kesatuan Gerak PKK – KB - Kes dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat Tahun 2015 di Kantor Perbekel Batubulan, (8/1).

Topik yang diangkat dalam simulasi ini adalah penghapusan kekerasan dalam rumah tangga (PKDRT).

"Kami harapkan dengan topik ini masyarakat lebih memahami dengan PKDRT," terang Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Desa Batubulan Ny. Widiawati Sumertha.

Dikatakan, topik tersebut sangat tepat dengan situasi sekarang, seiring adanya perubahan perilaku masyarakat seperti sering terjadi kekerasan. Sebelum dilaksanakan lomba simulasi ini pihak TP PKK  telah melakukan sosialisasi ke banjar-banjar dengan melibatkan bapak-bapak untuk bersama-sama mengetahui tentang KDRT diantaranya, kekerasan fisik, psikis, seksual dan penelantaran. Beruntung sampai awal tahun ini tidak ada kasus KDRT di Desa Batubulan.

Dijelaskan, metode simulasi sangat efektif untuk mensosialisasikan program-program PKK.  Metode ini juga digunakan untuk penyuluhan, karena permainan simulasi ada diskusi antar peserta. Dalam pelaksanaan diskusi tersebut para peserta bebas menyampaikan pendapat sesuai topik yang dibahas.  Permainan simulasi juga sebagai pembelajaran demokrasi mengingat peserta dalam kesempatan tersebut harus belajar mendengar pendapat orang lain meskipun pendapat tersebut salah. Dengan demikian diharapkan permainan simulasi dapat mempercepat pemahaman anggota PKK terhadap program pokok PKK.

“Topiknya selalu berbeda sesuai dengan program PKK dan perkembangan di masyarakat  seperti usaha peningkatan pendapatan keluarga, kebersihan, kesehatan dan lainnya,” imbuhnya.

Sementara Kepala Desa Batubulan Dewa Gede Sumertha mengatakan penyampaian program melalui simulasi sangat baik sekali. Karena ini tidak akan membosankan bagi masyarakat saat ada sosialisasi. Terlebih lagi penyampaian simulasi dilaksanakan dengan berbagai inovasi dengan memadukan seni budaya Bali.

"Kami sangat setuju sekali dilaksanakannya simulasi program PKK dengan simulasi karena langsung menyentuh masyarakat," ujarnya.

Desa Batubulan, Sukawati dan Desa Lebih, Gianyar menjadi wakil Gianyar pada Lomba Hari Kesatuan Gerak PKK – KB – Kes dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat Tahun 2014/2015, yang penilaiannya dipusatkan di Wantilan Pura Puseh Desa Batubulan.  Ada 6 (enam) kegiatan lomba yang diikuti antara lain Adminsitrasi PKK, Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga (PKDRT), Usaha Peningkatan  Pendapatan Keluarga, Halaman Asri Tertib Indah Nyaman, Tanaman Obat Keluarga, Pos Pelayanan Terpadu, Lingkungan Bersih dan Sehat, KB Kesehatan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Ketua Tim Penilai Propinsi Ny. Srimiasih Sumantra mengatakan  penilaian dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai dan apakah sudah dituangkan ke dalam laporan maupun profil Pemerintah Daerah dan Profil Kegiatan Ketua TP PKK seusia kriteria yang telah ditetapkan yaitu Indikator Input, Indikator Proses, Indikator Output

Hadir dalam penilaian tersebut Wakil Bupati I Made Mahayastra, Ketua TP - PKK Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra, pejabat terkait, camat dan unsur  muspika lainnya. (Humas Gianyar/ww)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .