26 February 2015

Peserta BPJS Kesehatan Masih Rendah

Cakupan kepesertaan masyarakat Gianyar pada BPJS Kesehatan masih rendah. Padahal jaminan kesehatan sangat dibutuhkan. Tercatat, sampai 31 Desember 2014 masyarakat Gianyar yang mendaftarkan diri pada BPJS Kesehatan sebanyak 224.183 orang dari 458.182 orang yang direncanakan, atau baru mencapai 48,93%.

Rendahnya cakupan kepesertaan ini, menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gianyar, Gde Widarma Suharta, (25/2), karena masyarakat Gianyar telah mendapatkan jaminan kesehatan seperti JKBM, serta pemahaman masyarakat tentang BPJS Kesehatan perlu ditingkatkan.

“Selama ini masyarakat Gianyar mengenal PT. Askes (Persero) hanya melayani jaminan kesehatan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), padahal sejak 1 Januari 2014 PT. Askes (Persero) telah berubah menjadi BPJS Kesehatan, tidak saja melayani jaminan kesehatan bagi PNS namun juga bagi seluruh masyarakat Gianyar,” terang Widarma Suharta.

Guna meningkatkan cakupan kepesertaan masyarakat pada BPJS Kesehatan, pihaknya terus melaksanakan sosialisasi sehingga masyarakat mengetahui betapa pentingnya jaminan kesehatan. Salah satunya bekerjasama dengan  BPJS Kesehatan Cabang Klungkung yang mewilayahi Gianyar dan Karangasem, mengadakan sosialisasi BPJS Kesehatan, di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar, (25/2), dengan peserta, dari pengusaha kecil, menengah, mikro, pengurus koperasi di Gianyar, Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi, serta Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gianyar.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Klungkung,  Nengah Sutrisni yang hadir dalam sosialisasi tersebut menegaskan, sesuai UU No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS, serta Peraturan Presiden RI No. 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan, yang kemudian diubah dengan Peraturan Presiden No. 111 Tahun 2013, pada pasal 6 ayat 3 menyatakan bahwa, pemberi kerja pada BUMN, Usaha Besar, Usaha Menengah, dan Usaha Kecil, wajib mendaftarkan diri dan pekerja sebagai peserta program jaminan kesehatan yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

Dalam upaya memperkenalkan program BPJS kepada masyarakat, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Klungkung, Gianyar dan Karangasem, yang menjadi wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Klungkung.

Asisten Administrasi Umum Setda Gianyar, I Wayan Sudamia, mewakili Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata mengatakan, kegiatan sosialisasi sangat diperlukan, mengingat pemahaman pengusaha kecil, menengah, mikro dan pengurus Koperasi tentang BPJS Kesehatan masih perlu ditingkatkan.

“Jaminan kesehatan sangat penting, dan menjadi kebutuhan bagi seluruh masyarakat Gianyar, untuk itu sesuai dengan amanat undang-undang kepada pengusaha kecil, menengah mikro, dan pengurus koperasi, untuk mendaftarkan diri dan pekerjanya sebagai peserta program kesehatan yang diselenggarakan oleh BPJS kesehatan,” katanya.

Dengan mengikuti program BPJS kesehatan, secara tidak langsung memberikan ketenangan bagi pekerja beserta keluarganya, serta berdampak pada peningkatan produktivitas kerja para karyawan, yang pada akhirnya akan memberikan dampak positif bagi peningkatan pendapatan perusahaan. (Humas Gianyar/NGR WW)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .