06 March 2015

Peringati HUT Damkar, BPBD Kabupaten Gianyar Gelar Bhakti Sosial

Dalam rangka memperingati hari Jadi Pemadam Kebakaran (Damkar) ke – 96 yang jatuh pada 1 Maret, Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Gianyar menggelar kegiatan bhakti sosial. Kegiatan tersebut diawali dengan penanaman pohon di Desa Babakan, (16/1). Desa Babakan merupakan desa binaan BPBD Kabupaten Gianyar. Bersama – sama masyarakat, kegiatan bhakti social tersebut kembali dilaksanakan di Desa Babakan, berupa gotong royong pembersihan sisa – sisa pohon tumbang di sebelah selatan Kantor Desa Babakan, (6/3). Sebanyak 50 personil dengan berbagai perlengakapan alat pemotong kayu diturunkan dalam kegiatan ini.

Kepala Desa Babakan, Ketut Darsa mengatakan, kedatangan personil dari BPDB Kabupaten Gianyar sangat membantu dalam rangka melacarkan akses jalan yang sedikit terganggu akibat musibah tumbangnya pohon beringin, 24 Februari lalu. Mengingat, selama ini akses jalan tersebut merupakan salah satu jalur utama bagi warga sekitar dalam beraktifitas. Terlebih lagi, ada kabel listrik yang turut tertindih batang kayu sehingga menjuntai ke bawah. Hal ini dikhawatirkan, menimbulkan hal – hal yang tidak diinginkan, apalagi kabel listrik tersebut berada tepat di depan pintu masuk sekolah dasar setempat.

“Penanganan yang cepat ditunjukkan BPBD Gianyar, mulai dari saat terjadi musibah pohon tumbang hingga pembersihan sisa-sisa kayu hari ini,” terang Ketut Darsa.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gianyar, A A Oka Digjaya, ditemui di sela – sela kegiatan mengatakan, selain sebagai kegiatan yang rutin dilaksanakan, bhakti sosial tersebut juga dilaksanakan dalam rangka peringatan hari jadi Pemadam Kebakaran ke - 96. Kegiatan bhakti social tersebut dikemas dalam beberapa item kegiatan diantaranya, penanaman pohon di Desa Babakan, (16/1), gotong royong serta pemberian bantuan social kepada Yayasan Kesayan Ikang Papa, (6/3). Selain dipusatkan di Desa Babakan, kegiatan gotong royong juga dilaksanakan di Pasar Seni Guwang, Sukawati. Sebanyak 25 personil diturunkan ke wilayah tersebut untuk melakukan pemangkasan Pohon Ancak yang berada di areal pasar tersebut.

“Pemangkasan Pohon Ancak tersebut sebagai upaya pencegahan, mengingat pohon tersebut berukuran besar dan berada di tengah aktifitas padat,” terang Oka Digjaya.

Oka Digjaya menambahkan, kegiatan bhakti social yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini selain untuk memperingati hari jadi Damkar juga sebagai upaya untuk menjaga kebersamaan yang selama ini terjalin dengan masyarakat. Masyarakat sebagai partnership BPDB Kabupaten Gianyar, memberi peranan yang penting dalam hal pencegahan, penanganan bencana maupun pasca bencana. (Humas Gianyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .