24 July 2014

Peringatan HUT ke-67 Koperasi, Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Berkoperasi.

Untuk dapat bersaing dengan lembaga keuangan lainnya, koperasi harus berbasis IT  terutama dalam masalah administrasi. jika tidak, koperasi bisa ditinggalkan oleh anggotanya. Hal ini ditegaskan Bupati Gianyar A.A Gde Agung Bharata pada peringatan PuncakHari Koperasi ke-67 di Stage Putra Barong Celuk Sukawati, (22 /7).

Disamping teknologi dan SDM, dukungan pemerintah maupun Dekopinda juga sangat membantu perkembangan perkoperasian di Kabupaten Gianyar. Untuk memacu spirit perkoperasian dan memperjuangkan  aspirasi gerakan koperasi, di Gianyar telah memiliki klinik konsultasi koperasi, dukungan permodalan, peningkatan kualitas SDM, penyusunan standar akutansi berbasis IT dan pembangunan gedung Pusat Layanan Umum Terpadu (PLUT) koperasi dan UKM yang ada.

Perkembangan koperasi di Gianyar dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gianyar, saat ini jumlah koperasi sebanyak 1.155 buah. Dengan jumlah anggota 183.470 orang, koperasi mampu menyerap 9.899 orang dan telah menghasilkan SHU sebesar Rp. 23.920.858.000 dan total aset mencapai Rp. 751.287.476.000. Bupati Agung Bharata menegaskan dengan jumlah koperasi sebanyak itu, ia yakin itu mencerminkan kesadaran masyarakat dalam melaksanakan kegiatan ekonominya melalui wadah koperasi menunjukkan respon yang positif.

 “ Meski tidak dipungkiri dari sekian banyak jumlah koperasi ada yang tidak begitu aktif, namun ini adalah tantangan bagi kita untuk memacu agar koperasi itu bisa aktif lagi,” tegas Bupati Agung Bharata.

Sementara itu Ketua Dekopinda Kabupaten Gianyar, I Dewa Putu Suteja SE, mengatakan tahun ini Pemerintah Kabupaten Gianyar telah mendapat alokasi dari Kementerian Koperasi berupa PLUT yang nantinya diharapkan menjadi pusat konsultasi bisnis bagi gerakan koperasi dan UKM di Kabupaten Gianyar. perancangan program akutansi yang integritid yang dianggarkan melalui APBD oleh Dinas Koperasi untuk disebarluaskan secara gratis. “ Kami juga sering menekankan pada pengurus koperasi agar selalu mengedepankan keterbukaan dalam pengelolaan, sehingga mencapai koperasi yang sehat dan mampu mensejahterakan anggotanya,” tegas I Dewa Putu Suteja.

Pada kesempatan itu Bupati Gianyar Agung Bharata didampingi Ketua  DPRD I Made Wardana, Kadis Koperasi dan UKM Kab. Gianyar , menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba terkait peringatan HUT Koperasi di Kabupaten Gianyar. seperti Koperasi berprestasi, Audisi koperasi siswa tingkat nasional yang diwakili SMKN 1 Mas Ubud, lomba tangkas terampil koperasi tingkat SMA,  dan penilaian kesehatan koperasi tahun buku 2013 oleh Dinas Koperasi UKM Kabupaten Gianyar. (Humas Gianyar/eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .