29 June 2015

Penyerahan Reward Untuk Akseptor MOP

Sekitar pukul 13.30 Wita, 14 orang menjalani tindakan vasektomi atau medis operasi pria (MOP) di instalasi Bedah Sentral RSUD Sanjiwani Gianyar, (27/6). Pelayanan MOP gratis ini merupakan kerjasama antara Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Gianyar dengan RSUD Sanjiwani Gianyar.

Menurut Ka. PP dan KB, I.A Sri Ambari tindakan  yang ditangani langsung oleh ahli bedah Urologi yaitu dr. Tri Hartono, Sp.U, ini merupakan kali ketiga yang dilakukan setelah beberapa waktu lalu di Kodim 1616 Gianyar dan di Kecamatan Tegallalang. Untuk tahun 2015 ditargetkan ada 50 peserta/akseptor MOP, dan hingga akhir Bulan Juni ini sudah dilakukan tindakan sebanyak 46 akseptor.

Sri Ambari menegaskan, minat para suami untuk mengikuti vasektomi terus meningkat tiap tahun, ini terbukti baru bulan Juni peserta sudah hampir mencapai target 50 akseptor.

“ Kami beserta para PLKB di lapangan tidak pernah lelah melakukan sosialisasi manfaat MOP bagi kesejahteraan keluarga. Jika tidak ingin lagi memiliki anak, alangkah baiknya bapaknya yang berpartisipasi dengan mengikuti KB vasektomi,” jelas Sri Ambari.

Seperti dijelaskan oleh tim medis di RSUD Sanjiwani,  tindakan  vasektomi ini tidak ada efek samping karena yang  dilakukan hanya pemotongan pada bagian saluran sperma kiri dan kanan kemudian diikat. Operasi ini paling lama 10 menit bahkan bisa lebih  cepat. Bahkan seusai mejalani tindakan vasektomi pasien bisa bekerja seperti biasanya.

Menurut salah satu peserta MOP, Ngakan Made Putra Suteja dari Br. Seronggo Tengah Desa Seronggo Gianyar, ia mengikuti MOP atas kemauannya sendiri bukan paksaan siapapun. Hal ini dilakukan setelah beberapa waktu lalu mengikuti sosialisasi MOP dan mendengar testimony salah satu akseptor bahwa dengan vasektomi tidak akan mengurangi keintiman hubungan suami istri justru akan menambah vitalitas pria.

Pada kesempatan itu, Ida Ayu Ambari juga menyerahkan reward pada peserta berupa uang tunai sebesar Rp. 750 ribu bagi peserta, dan 250 ribu untuk yang menggerakan. (Humas Gianyar/Eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .