30 April 2014

Penting Tanamkan Jiwa Kepemimpinan Sejak Dini

Perwakilan Forum Anak Daerah Kabupaten Gianyar Anak Agung Istri Devi Wulandari.P, (17), berkesempatan tampil mewakili Kabupaten Gianyar dalam Forum Anak Nasional yang akan diselenggarakan di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta  pada tanggal 1 – 5 Mei 2014. Sebelum keberangkatannya ke Jakarta Devi nama panggilan siswi kelas XII IA6 SMAN 1 Gianyar tersebut, berpamitan dengan Bupati Gianyar Anak Agung Gde Bharata, di Kantor Bupati Gianyar, (29/4).

Dalam kesempatan tersebut Devi yang didampingi Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Gianyar  Anak Agung Istri Sri Laksmi dan beberapa guru pembimbingnya mengatakan rasa bangganya bisa mewakili Kabupaten Gianyar dalam mengikuti kegiatan Forum Anak Nasional. Selain Devi akan ada 8 siswa dari Kabupaten / Kota di Bali yang juga akan tampil mewakili Bali ke FAN. Devi yang merupakan anak pertama dari 3 bersaudara pasangan A.A. Sri Dewi Mirah (42) dan Drg A.A. Gde Suputra (49) terpilih sebagai perwakilan Forum Anak Daerah karena memiliki potensi dan mampu mengusai tentang aspirasi anak. Setelah melalui test tulis yang dilaksanakan pada 8 April 2014 oleh Tim Propinsi yang diikuti oleh anak dibawah usia 18 tahun se-Bali dan terpilihlah nama Devi untuk mewakili Kabupaten Gianyar. Selain berpotensi Devi juga memiliki beberapa prestasi diantaranya Juara I lomba Kader Kesehatan Remaja Gianyar tahun 2013, Perwakilan Delegasi Kabupaten Gianyar Member Anak Bali tahun 2012. Ditanya mengenai pendapatnya tentang hak hak anak di Gianyar khususnya, Devi mengatakan anak anak sudah mendapat haknya seperti tersedianya sekolah termasuk sarana dan prasarananya, disamping itu juga tersedianya ruang baca seperti perpustakaan yang bisa untuk menambah ilmu anak anak di Gianyar. 

Sementara Agung Istri Laksmi menjelaskan  Forum Anak ini bertujuan untuk memberikan ruang partisipasi anak dalam pembangunan, mengembangkan rasa nasionalisme, kebhinekaan, persaudaraan, patriotisme dan mempertahankan nilai nilai luhur agama, sosial dan budaya bangsa dalam menghadapi dinamika pembangunan dan perubahan global. Beberapa kegiatan yang akan dilakukan dam FAN diantaranya : Capasity Building, Peguatan Forum Anak Nasional 2013-2015, Studi wisata, Persiapan menuju Forum Anak Asean 2014.

Bupati Gianyar Anak Agung Gde Bharata sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan Forum Anak. Bupati mengatakan sangat penting menanamkan jiwa kepemimpinan sejak dini mengingat anak anak memiliki peran yang amat strategis dalam meneruskan cita cita bangsa. (Humas Gianyar/Netty).

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .