03 June 2014

Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Tahun 2014

Desa Batubulan terpilih mewakili Kabupaten Gianyar dalam Lomba Desa tingkat Provinsi tahun 2014. Tim Pembina dan Penilai Perlombaan Desa dan Kelurahan Provinsi Bali dipimpin oleh I Wayan Sadia berserta rombongan disambut langsung oleh Wakil Bupati Gianyar, I Made Mahayastra beserta jajaran Muspida, dan Kepala SKPD Kabupaten Gianyar di Wantilan Pura Puseh Desa Batubulan, (6/2).

Dalam sambutannya, Wabup Gianyar I Made Mahayastra menyampaikan bahwa Perlombaan Desa merupakan media evaluasi dan penilaian perkembangan pembangunan atas usaha masyarakat desa, sehingga dapat diketahui tingkat kemajuan dan keberhasilan yang dicapai masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan selama dua tahun terakhir. Penetapan Desa Batubulan sebagai Desa terbaik di Kabupaten Gianyar adalah berdasar keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Desa bersama masyarakat berdasarkan usaha gotong royong dan swadaya masyarakat, yang memang ternyata lebih baik dibanding desa – desa lainnya di Kabupaten Gianyar.

“Maka dari itu saya yakin, dengan segala keunggulannya di berbagai bidang, Desa Batubulan akan mampu berbuat banyak dalam perlombaan desa tahun ini, karena diibaratkan seperti Piala Dunia, Desa Batubulan ini seperti Argentina dan Brasil yang sudah mempunyai tradisi kuat dan sering meraih juara dalam keikutsertaannya. Kami berharap tahun ini Desa Batubulan sanggup meraih juara I.”Ucapnya dengan nada penuh optimis.

Dalam presentasinya tentang profil Desa Batubulan, Perbekel Desa Batubulan, Dewa Gede Sumertha menuturkan bahwa Desa Batubulan sebagai desa seni telah dikenal cukup lama sekitar tahun 1937 dan konsisten sampai kini menjadi jati diri Desa, dan seni telah berkembang membawa irama kehidupan di kancah pariwisata, pada tataran pergaulan local, daerah, nasional, dan internasional. Desa Batubulan mempunyai beberapa keunggulan seperti lahan pertanian masih subur (234 Ha), Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang seni budaya yang unggul, akses ekonomi tumbuh pesat dan menjadi aksesibilitas yang dekat pusat – pusat wisata dan kota Denpasar, dan terpenting jumlah penduduk miskin (RTM)/Raskin relative sedikit (153 tahun 2012 dan 149 tahun 2013). Selain unggul dalam bidang seni budaya, SDM Desa Batubulan juga memiliki beberapa maestro seni, dan pesepakbola nasional, seperti Pemain Timnas U-19, I Putu Gde Juniantara, I Made Wirawan dan Bayu Sutha. Di Tahun 2012, Desa Batubulan meraih juara I, Kelompok Sadar Wisata tingkat Nasional, dan urutan 9, Desa Wisata tingkat nasional di tahun 2013.

“Dengan segala kelebihan yang ada tentu terdapat tantangan dalam proses pembangunannya, diantaranya ahli fungsi lahan yang semakin menjamur saat ini, kebersihan lingkungan, ancaman keamanan, mutu mandeg, dan limbah rumah tangga. Maka untuk menjawab tantangan tersebut Desa Batubulan harus punya Road Map (Peta Jalan) agar Batubulan bangkit menuju desa Batubulan sebagai desa seni dan pariwisata agar sejahtera dan jagaditha dengan dasar semangat kebangkitan semangat kreatif, semangat sinergi dan semangat keunggulan.”Seru Dewa Sumertha. (Humas Gianyar/ARI)

 

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .