15 April 2011

Penilaian Lomba Desa Pejeng Kangin

Dinilai terakhir, Desa Pejeng Kangin tampilkan kekompakan dihadapan Tim Penilai Perlombaan Desa Kabupaten Gianyar di Banjar Cemadik (14/4).

Perbekel Desa Pejeng Kangin, AA Ngurah Parwita memaparkan Desa Pejeng Kangin dengan jumlah penduduk 1.147 KK memiliki misi pembangunan desa yang sejalan dengan 8 indikator penilaian perlombaan  (pendidikan, Kesehatan, ekonimi masyarkat, Keamanan dan Ketertiban, Partisipasi masyarakat, Pemerintahan, Lembaga Kemasyarakatan, dan PKK). Dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarkat, berbagai sarana prasarana posyandu telah berhasil disediakan tahun 2010. sedangkan dibidang ekonomi, Desa Pejeng Kangin telah melaksanakan program simpan pinjam bagi petani serta perbaikan infrastruktur penunjang lainnya. Kami yakin dengan perhatian Pemerintah serta dukungan penuh dari masyarakat Pejeng Kangin, pembangunan di Desa Pejeng Kangin dapat berjalan lebih baik ke depannya, imbuh Parwita.

Ketua Tim Penilai Lomba Desa Kabupaten Gianyar, I Wayan Gde Sudibya mengatakan ada 8 indikator penilaian dalam Lomba Desa ini, yaitu bidang pendidikan, bidang kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban masyarakat, partisipasi masyarakat, pemerintahan, kelembagaan masyarakat, dan pemberdayaann kesejahteraan keluarga. Lomba desa ini diharapkan dapat menjadi ajang evaluasi diri dan pembinaan pembangunan di Desa Pejeng Kangin.

Bupati Gianyar, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Gianyar Dewa Made Sutanaya menyampaikan apresiasi atas antusiasme masyarakat Pejeng Kangin dalam menyambut Lomba Pedesaan Kabupaten Gianyar. Pengurus desa serta  masyarakat wajib menggali potensi yang dimiliki desa secara optimum untuk meningkatkan pembangunan desa. Perbekel beserta jajarannya harus dapat mengayomi masyarakatnya terutama apabila terjadi konflik di dalam masyarakat. Selisih paham hendaknya dapat diselesaikan secara kekeluargaan tentunya dengan jalan damai.

Penilaian terhadap desa-desa lainnya sebelumnya telah dilakukan di Desa Batubulan Kangin Kec. Sukawati pada Jumat (8/4), Desa Medahan Kec. Blahbatuh pada Senin (11/4), Desa Bakbakan Kec. Gianyar pada Selasa (12/4), Desa Petulu Kec. Ubud pada Rabu (13/4).  Juara perlombaan desa/kelurahan pada tingkat kabupaten/kota menjadi peserta perlombaan tingkat provinsi. Juara I perlombaan desa/kelurahan tingkat provinsi menjadi wakil Provinsi Bali berlomba di tingkat nasional. Sebagai pemenang perlombaan desa/kelurahan akan diberikan piala penghargaan dan hadiah: Juara I 10 juta rupiah ditambah dana penghargaan berupa uang tambahan masing-masing 20 juta rupiah serta biaya konsumsi semua kejuaraan sebesar 3 juta rupiah, Juara II 7,5 juta rupiah, Juara III 5 juta rupiah dan Juara Harapan masing-masing mendapatkan 3 juta rupiah.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .