19 May 2015

Penerimaan Peserta Didik Baru Menggunakan Dua Mekanisme

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2015/2016 di Kabupaten Gianyar menggunakan dua mekanisme yakni jalur prestasi akademik dan non akademik serta jalur siswa miskin. Kedua, melalui jalur Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN) untuk SMP/MTs ke SMA/SMK/Ma, dan Sertifikat Hasil Ujian Sekolah Terkoordinasi (SHUST) untuk SD/M1 ke SMP/MTs.

Kepastian dua mekanisme ini setelah Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gianyar  Dewa Gde Alit Mudiarta  audensi dengan Sekda Gianyar Ida Bagus Gaga Adi Saputra, di Kantor Bupati Gianyar, (18/5). Turut dalam audensi tersebut Sekretaris Disdikpora Dewa Putu Yadnya, Ketua MKKS SMA  Made Sudama, Ketua MKKS SMK Dewa Putu Alit, serta Ketua MKKS SMP yang diwakili Dewa Nyoman Bawa.

Dewa Alit Mudiarta menjelaskan,  pelaksanaan kedua mekanisme tersebut dilakukan dalam waktu yang berbeda. Diawali dengan jalur prestasi akademik non akademik serta jalur miskin. Jika siswa bersangkutan sudah berhasil diterima pada jalur tersebut, maka tidak diperkenankan lagi mendaftar melalui jalur SHUN/SHUT. Detailnya mekanisme PPDB akan dituangkan dalam surat edaran No. 420/2917/Disdikpora.

Sementara Sekkab Ida Bagus Gaga Adi Saputra mengingatkan kepada seluruh jajaran Disdikpora  dan sekolah bersama komite agar mengawasi bersama seluruh pelaksanaan PPDB, agar tidak terjadi  hal-hal yang tidak diinginkan.

“Pelaksanaan PPDB harus transparan dan semua harus taat pada aturan yang tertuang dalam surat edaran,” tegas Gus Gaga.

Selama ini proses penerimaan siswa baru sering menimbulkan beberapa persoalan, karena beberapa orang tua siswa cenderung memaksakan agar anaknya mendapat sekolah favorit. Pada dasarnya semua sekolah mempunyai kualitas yang baik, sekarang tergantung anak didik bersangkutan. Untuk menghindari kesalah pahaman masyarakat, pihak Disdikpora agar gencar melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah .

 Adapun jadwal pendaftaran untuk TK/RA/TKLB dan SD/SDLB pada 18 s/d 20 Juni 2015. Pengumuman diterima 22 Juni 2015 dan pendaftaran kembali 23 s/d 25 Juni 2015. Untuk pendaftaran SD ke SMP/SMPLB/MTs  melalui jalur prestasi akademik dan non akademik serta anak tidak  mampu 22 s/d 24 Juni 2015, melalui jalur Nilai Ujian Sekolah Terkoordinasi 26 s/d 29 Juni 2015. Untuk jenjang SMP ke SMA/MA, SMK dan SMALB jalur Prestasi Akademik dan Non Akademik serta Anak tidak mampu dilaksanakan 18 s/d 20 Juni 2015   dan jalur Nilai Ujian Nasional pada 22 s/d 25 Juni 2015. (Humas Gianyar/NGR WW)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .