20 November 2014

Pemkab. Gianyar Raih Best of The Best Tourism Award 2014

Keberhasilan Kabupaten Gianyar mengelola kepariwisataan, sehingga dikenal di kalangan dunia, mendapat ganjaran berupa penghargaan tertinggi dari pemerintah pusat. Kabupaten Gianyar meraih Tourism Award 2014 dengan kategori Best of The Best. Menteri Pariwisata (Menpar) RI Arief Yahya menyerahkan penghargaan tersebut terhadap Kepala Dinas Pariwisata (Kadiparda) Kabupaten Gianyar Anak Agung Ari Brahmanta di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, (20/11).

Kadiparda Gianyar A.A. Ari Brahmanta saat ditemui mengatakan, kegiatan Tourism Award diselenggarakan oleh El John Publishing, sebuah jaringan publishing pariwisata yang berkantor pusat di London, bekerjasama dengan Kemenpar RI, Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), KADIN Indonesia, dan Universitas Sahid Jakarta. “Kategori Best of The Best merupakan kategori special award atau penghargaan tertinggi,”ujarnya.

Tujuan kegiatan tersebut, kata Gung Ari, untuk memberi  apresiasi kepada Pemerintah Daerah (Propinsi, Kabupaten, Kota) yang memiliki komitmen tinggi untuk pengembangan kepariwisataan di daerah masing – masing. Selain itu, sebagai penghargaan atas Pemda sebagai fasilitator, dengan melakukan pembinaan dalam meningkatkan kualitas tata pamong. Agar dapat mengembangkan daya tarik wisata.

Lebih lanjut dikatakan, aspek yang dinilai yaitu Aspek Tata pamong praja menyangkut tentang manajemen dalam implementasi kebijakan daerah, Aspek lingkungan, Aspek Perkembangan Ekonomi, Aspek Pemberdayaan Masyarakat, dan Aspek Ekonomi Kreatif.

Mengenai tahap seleksi, dilaksanakan mulai dari pengamatan oleh tim seleksi  yang terjun langsung ke daerah – daerah, selanjutnya presentasi dari peserta nominasi, kemudian tahap verifikasi, berikutnya diadakan poling secara acak terhadap komponen dunia usaha, wisatawan dan masyarakat, selanjutnya tahap penentuan nominator pemenang, dan terakhir pengumuman pemenang. “Tim penilai terdiri dari Kemenpar RI, Praktisi GIPI, Akademisi, Mass Media,”kata pejabat asal kampung turis Ubud itu.

Secara khusus, Kadisparda menyampaikan terima kasih terhadap peran media dan masyarakat di Kabupaten Gianyar, yang selama ini yang sangat gencar memberikan segenap dukungan terhadap perkembangan pariwisata di Kabupaten Gianyar.

Dirinya juga mengatakan, penghargaan ini sebagai sebuah pelecut semangat untuk mempertahankan prestasi yang telah diraih.”Dengan meningkatkan pembangunan pariwisata berkelanjutan, memberdayakan pariwisata budaya dan kearifan local, yang menjadi identitas kita selama ini,”pungkas Gung Ari.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Gianyar  telah berhasil menyabet penghargaan Tourism Award, dengan kategori The Best Achievement pada 2012, dan The Best Performance pada 2013.  (Humas Gianyar/Ari)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .