05 February 2015

Pemkab. Gianyar Optimalkan Ambulance Puskesmas

Pelayanan terhadap kesehatan warga di pedesaan menjadi salah satu prioritas utama Pemkab Gianyar. Komitmen Bupati Gianyar, AA Gde Agung Bharata dalam meningkatkan pelayanan publik dibidang kesehatan dilaksanakan dengan menyediakan sarana ambulance yang memadai di setiap Puskesmas. Hal tersebut terungkap saat Assisten II Setda Kabupaten Gianyar, I Ketut Suweta mengadakan sidak keberadaan ambulance di Puskesmas Tegallalang I dan Puskesmas Payangan I, Gianyar,(4/2).

Ketut Suweta mengatakan sidak merupakan agenda rutin yang dilakukan untuk bisa menyerap masukan warga dan memastikan kesiapan pemerintah dalam melayani masyarakat. Sidak yang dilaksanakan di Puskesmas Tegallalang I dan Puskesmas Payangan I merupakan langkah awal, selanjutnya akan melaksanakan sidak ke seluruh kendaraan dinas di jajaran Pemkab Gianyar. Sidak memastikan kendaraan dinas di jajaran Pemkab Gianyar dimanfaatkan sesuai fungsinya. “Sidak pertama menyasar kesiapan kendaraan ambulance di seluruh Puskesmas, dan memastikan seluruh ambulance berfungsi dengan baik dan bisa melayani masyarakat,” terangnya.

Puskesmas Tegallalang I memiliki dua armada ambulance yang bisa dipergunakan untuk merujuk dan juga menjemput pasien. Jika ada pasien yang tidak bisa ditangani oleh Puskesmas Tegallalang I, pihak Puskesmas Tegallalang I merujuk pasien tersebut ke RS Sanjiwani dengan menggunakan ambulance Puskesmas. “Jika ada warga yang sakit dan tidak bisa datang ke Puskesmas, maka ambulance akan siap menjemput pasien dan diajak berobat ke Puskesmas,” imbuhnya.

Kepala Puskesmas Payangan I, I Gusti Ngurah Gede Putra mengatakan Puskesmas Payangan I memiliki tiga buah ambulance. Ketiganya siap melayani masyarakat termasuk ketersediaan sopir yang menjadi operator ambulance tersebut. Sopir bertugas bergiliran untuk melayani warga selama 24 jam.

Dalam sehari warga yang datang berobat ke Puskesmas Payangan I rata-rata 130 pasien, sebagian besar mereka bisa ditangani di Puskesmas Payangan I. Jika ada pasien yang harus dirujuk ke RS Sanjiwani, maka ambulance puskesmas selalu siap mengantar.

Lebih lanjut, Gusti Ngurah Gede Putra mengatakan Kecamatan Payangan memiliki 9 Puskesmas Pembantu, Puskesdes 2 buah, dan 1 buah Polindes. Seluruh fasilitas tersebut tersebar di berbagai desa di Kecamatan Payangan. “Jika ada pasien yang tidak bisa diwarat di desa, maka pihak kecamatan akan menjemput pasien tersebut, dan menangani di puskesmas,” pungkasya. (Humas Gianyar/Suar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .