30 April 2015

Pemkab. Gianyar Ngaturan Pujawali Bangun Urip di Pura Bangun Sakti

Pemkab. Gianyar Ngaturan Pujawali Bangun Urip di Pura Bangun Sakti, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, (29/4), dipuput Ida Pedanda Gede Ketewel, Kemenuh.

Pujawali di Pura Bangun Sakti hanya sehari, dimulai pukul 10.00 wita, sampai penyineban. Diawali dengan melaksanakan pecaruan Panca Sata yang mempergunakan lima ekor ayam dengan warna menurut lima mata angin (pangider-ideran) putih di Timur, merah atau biying (wiring) di Selatan, Hitam di Utara, putih kuning di Barat dan brumbun di Tengah. Pujawali dilaksanakan sangat kusuk dengan iringan kidung,  pementasan Wayang Lemah, sampai Tari Topeng Sidakarya, dan di akhiri dengan sembahyang bersama.

Pada Pujawali tersebut dihadiri oleh  kepala SKPD Pemkab. Gianyar , Muspida Kabupaten Gianyar, serta para pegawai di lingkungan Pemkab Gianyar. 

Kabag Kesra  Setdakab. Gianyar, Ida Bagus Sumaba mengatakan, Pura Bangun Sakti merupakan salah satu pura yang diempon Pemkab Gianyar. Di kawasan Pura Besakih,terdapat dua pura yang menjadi emponan Pemkab. Gianyar, yaitu Pura Bangun Sakti dan Pura Ulun Kulkul. Pura Bangun Sakti merupakan tempat pemujaan Tuhan Yang Maha Esa/Ida Sang Hyang Widi Wasa dengan manifestasi Sang Hyang Ananta Boga sebagai Dewa Kesuburan dan Kesejahteraan. Di Pura Bangun Sakti biasanya dilaksanakan dua kali pujawali, yakni Pujawali Bangun Urip yang dilaksanakan setiap Buda Pon Watugunung (Buda Urip) serta Pujawali Ngusaba Posia dilaksanakan setahun sekali pada Tilem Sasih Kasa. (Humas Gianyar/DEDE)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .