04 May 2015

Pemkab Gianyar Nganyarin di Pura Samuan Tiga

Pemerintah Kabupaten Gianyar melaksanakan bhakti penganyaran di Pura Samuan Tiga, Bedulu, (4/5). Bhakti Penganyaran merupakan rangkaian piodalan yang puncaknya telah dilaksanakan pada Hari Minggu, (3/5).

Bhakti penganyaran Pemkab Gianyar dipimpin Asisten I Pemkab Gianyar Cok. Rai Widiarsa P.,  diikuti  pimpinan SKPD serta ratusan pegawai di lingkungan Pemkab Gianyar. Hadir pula perwakilan  DPRD dan PHDI. Pemedek dari masyarakat umum pun ikut berbaur untuk melaksanakan persembahyangan bersama. Upacara penganyaran dimulai pukul 11.00 wita, dipuput Ida Pedanda Gria Sanding, Tampaksiring.

Cok. Rai Widiarsa mengatakan, bhakti penganyaran sebagai wujud bhakti kehadapan Ida Bharata Bhatari  yang berstana di Pura Samuan Tiga dan upacara ini telah rutin dilaksanakan Pemkab Gianyar setiap piodalan. Setelah seluruh rangkaian upacara selesai, penganyaran diakhiri dengan persembahyangan bersama guna memohon keselamatan dan kesejahteraan alam semesta beserta isinya.

Ketua Paruman Pura Samuan Tiga, Drs. I Wayan Patera, M.Hum menjelaskan upacara Nganyarin dilakukan seluruh pemerintah kabupaten/kota di Bali secara bergiliran.

Ditambahkan prosesi piodalan di Pura Samuan Tiga yang merupakan tempat tercetusnya desa pakraman serta pura Kahyangan Tiga, berlangsung selama 11 hari dan diakhiri dengan penyepian pura yang dilaksanakan 17 Mei 2015. (Humas Gianyar/ww)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .