22 January 2015

Pemkab. Gianyar Hadiri Karya “Petabuhan Usaba”

Pemkab. Gianyar hadiri upakara “Petabuhan Usaba”, Di pura Ulun Kukul pada Tilem Sasih Kepitu, (20/1). Tampak hadir Bupati Gianyar beserta para Kepala SKPD dan jajaran Pemkab. Gianyar. Pura Ulun Kulkul merupakan amongan dari Pemkab. Gianyar terletak di wilayah barat Pura Penataran Agung Besakih adalah media pemujaan Tuhan Yang Maha Esa dalam manifestasinya sebagai Dewa Mahadewa.

Karya Patabuhan Usaba dipuput oleh Ida Pendanda  Gede Putra Keniten ( Grya Uma Sari Batuan). Menurut  I Gusti Mangku Jana, salah seorang Pemangku di Pura ulun Kukul, Upakara Petabuhan Usaba ini dilaksanakan sebelum Upakara Usaba Gede di Pura Dalem Puri. Setelah dilaksanakan Puja Wali Petabuhan akan dilanjutkan dengan upacara nedunin Ida Betara ring Dalem Puri dalam Rangka Usaba Gede yang dilaksanakan tanggal 26 Januari 2015.

Sarana yang dipergunakan dalam upacara Petabuhan Usaba, lantaran bayang-bayang kambing, soroan bebangkit, caru pengembak lawang dengan bayang-bayang sapi utawi banteng. Pada saat upacara jaga di pentaskan tarian wali wayang gedong serta tupeng. (Humas Gianyar/Las)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .