18 February 2015

Pemkab. Gianyar Gelar Pecaruan Marisuda Bumi

Pemkab. Gianyar gelar pecaruan Marisudha Bumi di areal seputaran Taman Kota Ciung Wanara, Gianyar, (18/2). Upacara ini di puput oleh Ida Peranda Nyoman Gianyar dari Gria Gede Gianyar Kemenuh.

Pecaruan dilaksanakan pasca meninggal salah seorang petugas panggung akibat tersengat listrik,  saat persiapan acara Car Free Night special Valentine (14/2) lalu. Melalui pecaruan diharapkan dapat membersihkan unsur buana agung dan buana alit sekala  maupun niskala.

Assisten 1 Cokorda Rai Widiarsa mengatakan dengan adanya insiden yang tidak kita inginkan pada saat persiapan pangggung car free night tersebut mewajibkan kita untuk melakukan pecaruan pembersihan guna menetralisir aura aura negative agar kedepannya tidak terulang kembali kejadian serupa di tempat ini.

“Pecaruan marisuda bumi untuk menetralisir tempat ini dari aura negative. Mengingat tempat ini rutin di gunakan untuk kegiatan Car Free Day tiap minggu pagi,” terang cok rai.

Adapun binatang yang dijadikan sarana pecaruan, berupa anjing belang bungkem, kucit butuan, bebek belang kalung dan ayam. Selain dihadiri oleh pejabat Pemkab. Gianyar, pecaruan juga dihadiri jajaran muspida dan FKUB. 

Setelah upacara pecaruan ini dilakukan, kegiatan Car Free  Day yang sempat di hentikan sementara akan kembali digelar di minggu minggu berikutnnya. (Humas gianyar/DEDE)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .