07 April 2015

Pemkab Gianyar Gelar Dharma Shanti Nyepi Tahun Caka 1937

Pemkab Gianyar menggelar Dharma Shanti Nyepi Tahun Caka 1937, yang dipusatkan di wantilan Pura Bukit Bitera, Gianyar, (7/4). Dalam kesempatan itu Bupati Anak Agung Gde Agung Bharata menyerahkan bantuan insentif  tahun anggaran 2015 kepada 155 sulinggih, pemangku, Majelis Madya Desa Pakraman (MMDP), Majelis Alit Desa Pakraman, bendesa adat, kelihan adat dan pekaseh se-Kabupaten Gianyar.

Selain bantuan insentif, Bupati Agung Bharata juga menyerahkan punia kepada  sulinggih.Menurut Agung Bharata, bantuan insentif dan punia ini sebagai bentuk perhatian Pemkab Gianyar, karena mereka memegang peranan penting dalam menjalankan nilai-nilai agama Hindu, budaya dan pembangunan Gianyar yang berlandaskan Tri Hita Karana sehingga tercapai Gianyar yang harmonis.

''Pelaksanaan Dharma Shanti juga sebagai salah satu upaya melestarikan seni budaya dan sastra-sastra agama Hindu,'' kata Bupati Agung Bharata.

Dharma Santhi tahun ini mengusung semangat “Melalui Kegiatan Dharma Santhi Caka 1937 Tahun 2015 Kita Mantapkan Rasa Kebersamaan Untuk Mewujudkan Kehidupan yang Harmonis, Damai dan Sejahtera”.

Ida Pedanda Wayahan Bun Gria Sanur Pejeng, Tampaksiring dalam kesempatan itu mengatakan, kegiatan Dharma Santi dapat dijadikan contoh positif untuk mengetahui proses maupun makna catur brata penyepian. 

Ditegaskan, pelaksanaan Hari Suci Nyepi  khususnya di Kabupaten Gianyar telah berjalan dengan tertib, aman dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini tentu patut disyukuri sehingga Gianyar tetap berada dalam situasi yang harmonis.

Dharma santi  juga sebagai upaya mempererat rasa persaudaraan dan kekeluargaan,  rasa menyama braya serta saling asah, asih, asuh, paras-paros salunglung sabhayantaka menuju Gianyar  yang shanti dan jagadhita.

Ida Pedanda Wayan Bun mengajak seluruh lapisan masyarakat Gianyar khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk menerapkan nilai-nilai agama Hindu serta mengimplementasikannya ke dalam sikap dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari. (Humas Gianyar/ww)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .