29 May 2015

Pemkab. Gianyar dan Pemprov Bali Gelar Bakti Sosial

Berbagai program pengentasan kemiskinan yang digelontor Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Kabupaten Gianyar sangat dirasakan warga, hal tersebut diungkapkan Perbekel Desa Pejeng Kaja, Dewa Gde Artha Putra, saat melaksanakan bakti sosial yang dihadiri Wabub Ketut Sudikerta, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gianyar, I Wayan Suardana dan Muspika Kecamatan Tampaksiring di Banjar Tarukan, Desa Pejeng Kaja, Kecamatan Tampaksiring Gianyar, (29/5).

Lebih lanjut, Dewa Gde Artha Putra mengatakan kegiatan bakti sosial yang digagas Pemprov Bali disambut antusias warga. Sejak pukul 13:00 Wita warga sudah memadati Balai Banjar Tarukan untuk memperoleh pengobatan umum dan juga pemeriksaan mata gratis. Kegiatan tersebut dirangkai dengan berbagai kegiatan lainnya. “Kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan sehari diawali dengan membangun rumah warga miskin dengan program bedah rumah, monitoring kegiatan Simantri, pengobatan, pemberian kaca mata gratis dan dilanjutkan dengan kegiatan sima krama,” terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Desa Pejeng Kaja tahun 2015 memperoleh 5 buah program bedah rumah dari Pemprov Bali. Hal tersebut diperoleh atas dasar musyawarah dan proposal yang diajukan ke Pemprov Bali. “Kali ini jajaran Pemprov Bali dan Pemkab. Gianyar gotong royong membangun rumah keluarga kurang mampu. Ni Wayan Rodi merupakan salah satu sasaran program dan yang bersangkutan tinggal bersama ibunya yang sudah lansia,” terangnya.

Keseharian Ni Wayan Rodi merupakan seorang buruh tani dan ibunya sudah tidak mampu bekerja lagi. Sepeninggal suaminya beberapa tahun lalu, Ni Wayan Rodi merupakan kepala keluarga sekaligus mengurus ibunya yang sudah tua.  Sehingga pengasilan yang diperoleh tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup dan memperbaiki rumahnya yang selalu bocor saat ujan. Atas dasar tersebut, pihak desa mengajukan Ni Wayan Rodi agar memperoleh bantuan bedah rumah, sehingga ia bisa menetap di rumah yang layak.

Senada yang diungkapkan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gianyar, I Wayan Suardana kalau pihaknya selalu berkoordinasi dengan Provinsi Bali terkait pelbagai program pengentasan kemiskinan, hal tersebut dilaksanakan guna menghindari tumpang tindih program dan mempercepat pengentasan kemiskinan di Gianyar. “Selama ini kerjasama antara Pemkab. Gianyar dan Provinsi Bali dalam pengentasan kemiskinan sangat bagus, kedepan akan selalu dioptimalkan demi kepentingan masyarakat,” terangnya. 

Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta mengatakan bantuan bedah rumah yang diberikan kepada Ni Wayan Rodi merupakan salah satu dari 5 bantuan bedah rumah yang dialokasikan di Desa Pejeng Kaja. “Kegiatan ini dilakukan sebulan sekali, dan keliling di seluruh kabupaten/kota ,” terang Sudikerta.

Rumah yang dibangun dengan panjang 6,5m dan lebar 5 meter diharapkan selesai September 2015.Dengan alokasi  Rp30 juta,  akan dibangun rumah dengan 2 buah kamar tidur, dapur dan sebuah kamar mandi. “Semoga kegiatan bakti sosial yang rutin ini bisa berkesinambungan, dan selalu kedepan akan diusahakan mendapatkan bantuan dari dana pusat, sehingga kemiskinan terus bisa ditekan ,” pungkasnya. (Humas Gianyar/Suar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .